Minggu, 16 Jun 2019 18:58 WIB

Mengenal Glioblastoma, Jenis Kanker Otak yang Diidap Agung Hercules

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Agung Hercules disebut idap glioblastoma, sebuah jenis kanker otak. Foto: Instagram istri Agung Hercules Agung Hercules disebut idap glioblastoma, sebuah jenis kanker otak. Foto: Instagram istri Agung Hercules
Jakarta - Warganet nampak terkejut melihat foto terbaru Agung Hercules yang tersebar di media sosial. Pasalnya, bintang 'Saras 008' tersebut yang biasanya terlihat bugar dan kekar kini tampak lebih kurus dan botak.

Foto yang beredar diunggah oleh sang istri, Mira, di Instagram. Dikutip dari detikcom, Mira menyebut bahwa pelantun lagu 'Astuti' itu sedang mengidap glioblastoma atau kanker otak stadium 4.

Glioblastoma atau glioblastoma multiforme (GBM) termasuk dalam jenis kanker otak, yakni tumor ganas stadium 4 yang berada di otak. Glioblastoma umum terjadi di kalangan orang dewasa dan umumnya sangat agresif, yang artinya dapat tumbuh dan menyebar dengan cepat, demikian dikutip dari WebMD.


Kanker jenis ini lebih banyak diidap pria dibandingkan wanita, dan risikonya kemungkinan makin besar seiring bertambahnya usia. Tumor ganas ini biasanya tumbuh di salah satu sisi otak dan bisa menyebar melalui serat saraf penyambung (corpus callosum) ke sisi otak lainnya. GBM sangat jarang menyebar di luar otak.

Karena glioblastoma tumbuh dengan cepat, tekanan pada otak biasanya adalah gejala pertama, tergantung di mana tumornya, maka glioblastoma bisa menyebabkan:

- Sakit kepala yang konstan
- Kejang
- Muntah
- Masalah berpikir
- Perubahan suasana hati atau kepribadian
- Pandangan kabur atau ganda
- Kesulitan berbicara

Untuk mendiagnosis, seorang ahli saraf (dokter yang punya spesialisasi dalam mendiagnosis dan mengobati gangguan otak) akan memberi ujian lengkap. Pasien mungkin mendapatkan MRI atau CT scan dan tes lainnya, tergantung pada gejala yang dialami pasien.

"Glioblastoma bisa sangat sulit untuk ditangani karena beberapa sel dapat merespon baik pada terapi-terapi tertentu, namun beberapa bisa tak berefek sama sekali. Karena itu, perencanaan pengobatan bagi glioblastoma mungkin akan mengombinasikan beberap pendekatan," tulis situs Asosiasi Tumor Otak Amerika Serikat.


Tonton video 'Agung Hercules Idap Penyakit Kanker Otak':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/kna)