Senin, 17 Jun 2019 10:45 WIB

Taeyeon SNSD Mengaku Depresi, Alasan Kenapa Kondisi Ini Jangan Diremehkan

Firdaus Anwar - detikHealth
Taeyeon SNSD mengaku kalau dirinya tengah berjuang melawan depresi. (Foto: Noel/detikHOT) Taeyeon SNSD mengaku kalau dirinya tengah berjuang melawan depresi. (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta - Taeyeon SNSD secara terang-terangan mengaku kalau dirinya tengah berjuang melawan depresi. Hal ini ia ungkapkan di media sosial Instagram ketika menjawab pertanyaan dari para penggemar pada Minggu (16/6/2019).

"Tidak, saya menderita depresi. Saya berusaha keras agar membaik lewat perawatan antidepresan," tulis Taeyeon menanggapi pertanyaan penggemar tentang kondisinya.


Depresi sendiri dijelaskan oleh psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, sebagai kondisi mental yang lebih berat dari stres. Ketika stres tak tertangani dengan baik dan terus menumpuk maka kondisinya dapat mengarah jadi depresi.

Veronica menjelaskan orang yang mengalami depresi merasa putus asa, tidak berdaya, merasa tidak ada jalan keluar, merasa diri tidak berharga, hingga kehilangan semangat untuk hidup. Karena kondisi tersebut kemampuan berpikir logis seseorang dengan depresi bisa jadi terganggu.

Bila dibiarkan, seseorang dengan depresi mungkin akan terdorong untuk memilih jalan mengakhiri hidupnya sendiri.

"Kondisi depresi tidak dapat diremehkan, harus segera ditangani oleh professional. Semakin dini ditangani semakin cepat pemulihan mental dapat diwujudkan," ujar Veronica beberapa waktu lalu.

Jika kamu menemukan orang-orang terdekatmu menunjukkan gejala depresi, sekecil apapun itu, Veronica menyarankan untuk mendorong dan mengajak orang tersebut untuk konseling ke psikolog klinis.



Video: Taeyeon SNSD Bicara soal Depresi yang Dialaminya

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)