Senin, 17 Jun 2019 13:33 WIB

Kenapa Glioblastoma Disebut Jenis Kanker Otak yang Ganas?

Firdaus Anwar - detikHealth
Glioblastoma disebut sebagai jenis kanker otak yang ganas. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Glioblastoma disebut sebagai jenis kanker otak yang ganas. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Agung Santoso atau akrab dikenal Agung Hercules tengah dirawat karena penyakit glioblastoma. Hal tersebut diungkap oleh sang istri, Mira, yang mengunggah foto Agung Hercules dengan tubuh tampak lebih kurus dan botak.

"Aamiinn ya robbal aalamiin. CA otak teh Glioblastoma stadium 4. Piduana nya teh," tulis Mira menjawab pertanyaan netizen soal penyakit Agung Hercules di Instagram.

Glioblastoma sendiri dijelaskan dalam beberapa literatur sebagai salah satu jenis penyakit kanker otak ganas. American Brain Tumor Association (ABTA) menjelaskan bahwa glioblastoma bisa muncul secara tiba-tiba lalu menyebar dengan cepat.


"Glioblastoma dapat timbul sebagai de novo, artinya mereka muncul sebagai tumor stadium empat tanpa ada bukti tanda-tanda kemunculan tumor sebelumnya. Tumor de novo adalah bentuk umum dari glioblastoma dan cenderung agresif menyerang pasien usia tua," tulis ABTA di situs resminya dikutip Senin (17/6/2019).

American Association of Neurological Surgeons (AANS) lebih jauh menjelaskan kalau mengobati glioblastoma bisa menjadi tantangan sendiri.

Lokasinya di otak berarti operasi pengangkatan tumor harus dilakukan sangat hati-hati karena salah sedikit saja bisa menyebabkan kerusakan permanen. Beberapa pengobatan juga mungkin tidak memberikan respons.

Namun demikian beberapa studi terbaru melihat kemajuan dengan berkembangnya imunoterapi atau terapi imun. Dalam pendekatan imunoterapi sistem kekebalan tubuh dimanfaatkan untuk melawan glioblastoma.




Simak Juga 'Harapan Deddy Corbuzier untuk Kesembuhan Agung Hercules':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)