Senin, 17 Jun 2019 13:58 WIB

Mereka yang Berhasil Kalahkan Tumor Otak, 'Hulk' Salah Satunya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Pemeran Hulk Mark Ruffalo berhasil sembuh dari tumor otak. Foto: Kevin Winter/Getty Images Pemeran 'Hulk' Mark Ruffalo berhasil sembuh dari tumor otak. Foto: Kevin Winter/Getty Images
Jakarta - Banyak orang mendoakan kesembuhan Agung Santoso atau populer dikenal Agung Hercules. Ia dikabarkan tengah dirawat karena penyakit tumor otak yaitu glioblastoma. Dikutip dari WebMD, Glioblastoma atau glioblastoma multiforme (GBM) adalah salah satu jenis kanker otak ganas karena tumor bersifat menyebar dengan cepat.

Selain Agung Hercules, ternyata cukup banyak tokoh yang dihadapkan dengan masalah tumor otak. Yang jadi harapan, karena banyak juga di antara mereka yang berhasil mengalahkannya dan menjadi survivor. Siapa saja mereka? Dikutip dari berbagai sumber, inilah di antaranya.


1. Mark Ruffalo

Pada tahun 2001, Mark Ruffalo mendapatkan mimpi yang membuat ia membuat ia tergerak untuk periksa kesehatan. Setelah menjalani pemeriksaan, ternyata benar, pemeran 'Hulk' ini terdiagnosis acoustic neuroma atau schwannoma vestibular adalah tumor jinak (non-kanker) yang mempengaruhi saraf yang menghubungkan telinga dalam dengan otak.

Ruffalo akhirnya menjalani operasi yang berhasil mengangkat tumornya.


"Seluruh pengalaman yang membuatku dekat dengan kematian mengubah pandanganku. Aku pikir aku pantas mendapatkan lebih, dan aku tidak bersyukur atas semua hal hebat yang terjadi pada hidupku. Setelah mengalami tumor otak, aku menyadari aku suka akting, aku selalu menyukainya, aku mungkin tidak akan pernah mendapatkan kesempatan untuk melakukannya lagi," akunya kepada The Guardian.

2. Epy Kusnandar

Komedian Epy Kusnandar sempat absen di panggung kesenian. Pada tahun 2011, ia masuk Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Cikini, Jakarta Pusat. Menurut pengakuan sang istri saat itu ditemukan tumor di kepala Epy. Berkat semangat Epy untuk sembuh dan dukungan banyak orang, Epy berhasil sembuh dan kembali melakoni seni.

3. Gugun Gondrong

Artis Muhammad Gunawan Hendromartono alias Gugun Gondrong harus mendapatkan pertolongan medis di RS Medistra pada tahun 2008 silam. Penggemar The Jak ini tiba-tiba tidak sadarkan diri, dan setelah hasil pemeriksaan keluar ditemukan ada tumor di otak bagian kiri depan dan penggumpalan atau pembendungan cairan yang menekan batang otak.

Gugun sudah terlepas dari tumor dan baru-baru ini merayakan pesta ulang tahunnya yang ke-50. Dalam pesta tersebut, Gugun tampak bahagia dan tubuhnya menjadi lebih berisi.

4. Jimmy Carter

Pada Agustus 2016, mantan presiden Amerika Serikat Jimmy Carter mengumumkan bahwa melanoma, salah satu bentuk kanker yang ia miliki menyebar ke hati dan otaknya. Namun, ia mengaku dengan sebuah pengobatan terbaru, ia berhasil mengalahkan penyakitnya.

"Presiden Carter mengatakan hari ini bahwa dia tidak memerlukan perawatan lagi, yang mana dia dapatkan Agustus 2015 hingga Februari 2016, tetapi akan melanjutkan pemindaian dan melanjutkan perawatan jika diperlukan," kata seorang juru bicara Carter Center kepada ABC News pada tahun 2016.

Semangat selalu Agung Hercules, kamu pasti bisa mendapatkan kesembuhan! Yuk detikers, ramai-ramai kita doakan si pemilik goyang barbel ini supaya cepat sehat.



Simak Juga 'Harapan Deddy Corbuzier untuk Kesembuhan Agung Hercules':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)