Selasa, 18 Jun 2019 11:13 WIB

Desainer Celana Jeans Meninggal Karena Kanker Perut, Apa Penyebabnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Desainer celana jeans, Gloria Vanderbilt, meninggal dunia karena kanker perut. (Foto: Robin Marchant/Getty Images for SiriusXM) Desainer celana jeans, Gloria Vanderbilt, meninggal dunia karena kanker perut. (Foto: Robin Marchant/Getty Images for SiriusXM)
Jakarta - Aktris sekaligus desain celana jeans, Gloria Vanderbilt, dilaporkan meninggal dunia pada Senin (18/6/2019) di usia 95 tahun. Penyebabnya diketahui karena penyakit kanker perut.

Menurut pengakuan sang anak, Anderson Cooper, Gloria didiagnosis dengan kanker perut stadium lanjut di awal bulan Juni.

"Gloria Vanderbilt adalah seorang wanita luar biasa yang mencintai kehidupan dan menjalani hidup dengan caranya sendiri," kata Cooper dalam pernyataannya dikutip dari CNN, Selasa (18/6/2019).


Dikutip dari WebMD, kanker perut adalah penyakit yang muncul ketika sel kanker terjadi di dinding lambung. Kanker perut biasanya terjadi perlahan, perlu waktu bertahun-tahun terbentuk sampai bisa menimbulkan gejala serius.

Para ahli belum tahu pasti apa yang bisa membuat sel kanker mulai tumbuh di dinding lambung. Namun ada beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko mulai dari infeksi oleh bakteri H. pylori penyebab tukak lambung, radang lambung atau gastritis, anemia tertentu, hingga tumbuhnya polip.

Hal lain yang juga disebut bisa meningkatkan risiko kanker perut di antaranya merokok, kegemukan, diet tinggi makanan asam atau asin, hingga paparan asbes.

(fds/fds)