Selasa, 18 Jun 2019 11:40 WIB

Yoga Soal Olahraga, Tak Berkaitan dengan Agama

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi yoga. (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth) Ilustrasi yoga. (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - Yoga merupakan jenis olahraga yang berasal dari India. Di negara tersebut, terdapat komunitas agama Hindu yang besar dibandingkan negara lain. Karenanya, banyak yang mengira yoga adalah manifestasi dari salah satu agama tertentu.

"Yoga tidak terkait dengan agama apapun di dunia. Yoga is beyond religion dan bahkan sebelum agama muncul di masyarakat, yoga telah ada disana," tegas Jeevitha, instruktur yoga untuk Kedubes India di Indonesia, kepada detikHealth, Senin (17/6/2019).

Jeevita menambahkan untuk meluruskan hal lainnya, kebanyakan orang berpikir bahwa India adalah pusat agama Hindu padahal tidak seperti itu. Di India sendiri, semua agama ada dan memiliki kelompok mayoritasnya sendiri-sendiri.



"Sayangnya, banyak orang mencampurkan antara yoga dan India. Memang pusat komunitas untuk yoga terbesar ada di India dan masyarakat dunia sebagian besar menganggap bahwa agama terkuat di India adalah Hindu. Makanya banyak dari mereka yang beranggapan yoga adalah salah satu ritual agama Hindu padahal itu sama sekali tidak benar," sebutnya.

Selain itu, yoga adalah manifestasi untuk kesehatan baik itu kesehatan fisik, mental, emosional, bahkan kesehatan spiritual yang sebetulnya dicari oleh agama apapun.

"Sebagai analogi, kalau kamu muslim dan melakukan yoga, kamu akan menjadi muslim yang lebih taat. kalau melakukan yoga dan beragama hindu, kamu juga akan menjadi hindu yang lebih baik. It's like fueling your own card," tuturnya.

"Sebagai kesimpulannya, yoga membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik. So it does untouchable for any religion," pungkasnya.

(kna/kna)