Selasa, 18 Jun 2019 14:20 WIB

Kulit Bayi Sensitif karena Terlalu Higienis? Ini Kata Dokter

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi dermatitis atopik pada bayi. (Foto: Thinkstock) Ilustrasi dermatitis atopik pada bayi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bangga rasanya ketika melihat anak tumbuh lucu dan menggemaskan. Namun yang jadi kekhawatiran orang tua, apalagi yang baru lahiran adalah si bayi banyak bertemu dengan orang banyak dengan berbagai interaksi semisal dicium, dicubit, atau dipeluk.

Hmm jadi ingat beberapa waktu lalu sempat viral kasus kulit bayi merah-merah usai ikut kondangan. Sebagian warganet beranggapan itu dikarenakan bayi terlalu higienis. Memangnya ngaruh ya, Dok?

"Oh itu bener sih jadi ada salah satu teori seperti itu, jadi kita itu harus 'agak jorok'. Kita itu memang kalau membiasakan terlalu steril akhirnya bisa saja jadi mudah sakit," terang Dr Prasna Pramita, SpPD, K-AI, FINASIM, MARS, Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Imunologi RS Premier Bintaro, di sela acara Diskusi kesehatan Sequis 'Better Health for Your Better Tomorrow'.



Karena itu Dr Prasna, sapaan akrabnya, menyarankan untuk tak perlu begitu takut ketika anak disentuh oleh orang lain. Ia mencontohkan orang yang tidak biasa makan makanan di pinggir jalan. Ketika dia mencoba untuk makan di pinggir jalan, ia mengalami sakit perut, bisa jadi itu dikarenakan tubuh belum pernah beradaptasi dengan hal tersebut.

Nah cuma, batasannya seperti apa sih? Seperti apa hal yang sudah bisa dibilang berlebihan dalam menjaga anak?

"Maksudnya... misalnya dia nggak seperti kebanyakan kita, misalnya kita punya anak harus dipegang sendiri, nggak boleh ada orang lain yang megang apa. Sampai ada yang mandi aja pakai air kemasan kan itu nggak bener," ujarnya.

"Mandi tetap mandi seperti biasa air yang ada, jadi diapun dari tubuh sendiri bisa membentuk antibodi, akhirnya dengan lingkungannya kalau dia nggak bisa begitu apa-apa yang terkena, jadi dia sakit," tandasnya.




Simak Juga 'Yuk Bun Kenali Popok Bayi Lebih Jauh Lagi!':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/kna)
News Feed