Kamis, 20 Jun 2019 10:15 WIB

9 Manfaat Rosella untuk Kesehatan, Mau Tahu?

Fithria Pratiwi - detikHealth
9 Manfaat Rosella untuk Kesehatan, Mau Tahu?/Foto: iStock
Jakarta -
Bunga rosella adalah bunga yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tahukah kamu apa itu bunga rosella?

Bunga rosella adalah bunga yang berasal dari benua Afrika dengan nama latin hibiscus sabdariffa. Di Indonesia, bunga rosella dikenal juga dengan nama bunga rosella atau asam paya.

Selain untuk hiasan, bunga rosella memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Bunga yang berwarna merah ini memiliki beberapa vitamin, di antaranya vitamin C, vitamin B3 (niasin), dan vitamin B9 (folat). Kandungan jenis mineral seperti zat besi, kalsium, seng, natrium, fosfor, magnesium, dan kalium juga terkandung di dalam bunga rosella.

Pada umumnya, bunga rosella dinikmati dalam bentuk teh. Manfaat teh rosella ini dapat disajikan hangat maupun dingin. Selain dibuat teh, manfaat rosella merah bisa dinikmati dalam bentuk olahan lain seperti salad, selai, dan lainnya.

Berikut ini manfaat bunga rosella untuk kesehatan:



1. Melindungi Kulit Wajah

Bunga rosella dapat membantu untuk menjaga kulit wajah dari radikal bebas dan sinar UV yang berbahaya. Manfaat rosella untuk wajah dapat kamu rasakan dengan rajin mengonsumsi teh rosella. Teh rosella mengandung protein esensial, asam amino, dan vitamin C yang dapat menjadikan kulit wajah lebih sehat dan cerah.

2. Mengatasi Infeksi dan Peradangan

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam rosella dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C dapat mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau adanya peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi.

3. Mengurangi Rasa Cemas

Bunga rosella juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa cemas dan depresi. Hal ini dikarenakan kandungan flavonoid yang terkandung dalam rosella. Flavonoid yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antidepresan sehingga dapat membuat kamu lebih tenang dan santai.

4. Mencegah Tumor dan Kanker

Manfaat bunga rosella merah selanjutnya yaitu dapat mencegah tumor dan kanker. Hal ini karena bunga rosella mengandung zat antioksidan dan antikarsinogenik.

5. Menjaga Saluran Pencernaan

Bunga rosella bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Dengan mengonsumsi bunga rosella bisa melancarkan buang air besar sehingga mengatasi sembelit.

6. Mencegah Penyakit Gangguan Hati

Kandungan antioksidan pada bunga rosella mampu menangkal radikal bebas dan menetralisir racun. Hal ini dapat membantu kerja hati lebih ringan.

7. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi (hipertensi) merupakan salah satu penyebab munculnya masalah medis pada tubuh. Mengonsumsi bunga rosella bisa membantu tubuh untuk menjaga dan mengembalikan tekanan darah menjadi normal.

8. Menurunkan Berat Badan

Teh bunga rosella dapat kamu gunakan sebagai teh pelangsing untuk menurunkan berat badan. Rosella dapat menghambat produksi amilase sehingga dapat menurunkan penyerapan glukosa dan pati. Jika penyerapan glukosa dan pati mengalami penurunan, maka dapat menurunkan asupan kalori pada tubuh dan pada akhirnya bisa mengurangi berat badan.

9. Merangsang Menstruasi

Manfaat rosella yang terakhir yaitu dapat merangsang menstruasi. Bunga rosella dapat memengaruhi hormon estrogen yang dapat merangsang terjadinya menstruasi.

Itulah 9 manfaat rosella yang dapat kamu coba. Manfaat rosella tersebut merupakan pengobatan herbal yang masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Pastikan untuk mengonsumsi teh rosella sesuai dengan petunjuk yang relevan dan jangan mengonsumsi secara berlebihan.

Selamat mencoba!

(nwy/up)