Kamis, 20 Jun 2019 14:55 WIB

Agung Hercules Sudah Tiga Kali Angkat Tumor, Mengapa Kanker Bisa Kambuh?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Agung Hercules disebut telah jalani tiga kali pengangkatan tumor kanker otak. Foto: Agung Hercules (dok. Instagram) Agung Hercules disebut telah jalani tiga kali pengangkatan tumor kanker otak. Foto: Agung Hercules (dok. Instagram)
Jakarta - Baru-baru ini Agung Hercules dikabarkan mengidap kanker otak stadium empat. Namun ternyata menurut penuturan sahabatnya, Ferdiansyah Setiadi Setiawan, Agung telah menjalani tiga kali operasi pengangkatan tumor sebelum akhirnya kambuh kembali.

"Jadi dari yang pertama didiagnosa ada tumor diambil tindakan dikemo terus dinyatakan clear, tapi beberapa bulan kemudian numbuh lagi di tempat lain begitu terus udah tiga kali sekarang numbuh lagi yang keempat," katanya, dikutip dari detikHot, Kamis (20/6/2019).

Seseorang yang berada dalam status remisi usai pengangkatan kanker atau disebut bebas kanker bisa mengalami kekambuhan atau rekurensi. Hal ini terjadi akibat masih ada beberapa sel kanker tertinggal di tubuhmu.


Kemoterapi dan pengobatan biasanya digunakan untuk mencegah kanker ini kambuh kembali. Namun terkadang, tak peduli seberapa keras berusaha untuk berobat, ada sedikit sel kanker 'bandel' yang mengakibatkan kekambuhan.

Dikutip dari Mayo Clinic, dalam beberapa kasus langka bisa saja kanker ini kambuh menjadi kanker baru yang benar-benar tidak terkait dengan kanker pertama yang diidap. Kanker ini disebut kanker primer kedua.

Tumor kanker bisa kambuh dan muncul kembali di lokasi yang sama, atau terjadi di kelenjar getah bening dan jaringan dekat kanker awal, atau di tempat lain karena kanker ini telah menyebar atau bermetastase ke area yang lebih jauh dari lokasi awal kanker, bergantung pada tipe dan stadiumnya.

Situs WebMD menyebutkan bahwa glioblastoma, jenis kanker otak yang diidap Agung Hercules biasanya tumbuh di salah satu sisi otak dan bisa menyebar melalui serat saraf penyambung (corpus callosum) ke sisi otak lainnya. Akan tetapi glioblastoma sangat jarang menyebar ke area di luar otak.

(frp/up)