Kamis, 20 Jun 2019 15:44 WIB

8 Arti Kedutan Mata Kiri Bawah, Kenali dari Sekarang

Fithria Pratiwi - detikHealth
8 Arti Kedutan Mata Kiri Bawah, Kenali dari Sekarang/Foto: iStock 8 Arti Kedutan Mata Kiri Bawah, Kenali dari Sekarang/Foto: iStock
Topik Hangat Kedutan 101
Jakarta - Kedutan mata kiri bawah memiliki arti medis yang mungkin terjadi pada tubuhmu. Kedutan mata tersebut biasanya terjadi secara tiba-tiba. Apa saja penyebabnya?

Semua orang pasti hampir pernah merasakan mata kedutan. Kedutan dapat terjadi pada bagian kiri, kanan, atas, atau bawah. Saat ini kita akan membahas arti kedutan mata sebelah kiri bawah yang dilihat dari sisi medis. Berikut beberapa penyebabnya:

1. Stres

Kedutan di mata kiri bawah dapat disebabkan oleh stres. Stres dapat menyebabkan otot-otot dan saraf di sekitar tubuh termasuk mata menjadi menegang secara berlebihan. Hal ini yang membuat salah satu atau kedua mata berkedut.

2. Mata Lelah

Mata kedutan sebelah kiri bawah dapat disebabkan oleh kelelahan pada mata. Mata dapat lelah karena penggunaan yang intens seperti bekerja di depan komputer terlalu lama atau membawa mobil dalam jangka panjang.



3. Alergi

Kedutan kelopak mata kiri bawah terus-menerus dapat disebabkan oleh alergi. Mata akan merasa gatal, merah, dan berair yang akan membuat kamu mengucek mata dengan tangan. Alergi membuat histamin yang keluar masuk ke dalam jaringan di sekitar mata. Hal ini membuat kelopak mata yang digosok menjadi berkedut.

4. Mata Kering

Kedutan mata kiri bawah terus-menerus dapat disebabkan oleh mata kering. Biasanya sering terjadi karena menatap handphone atau laptop terlalu lama. Minum obat-obatan tertentu seperti antihistamin dan antidepresan serta memakai kontak lensa juga rentan mengalami kondisi mata kering. Kedutan karena mata kering ini dapat menjalar ke bagian mata lainnya.

5. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

Kafein merupakan stimulan untuk merangsang sistem saraf pusat. Sistem saraf pusat berada di dalam otak yang memberikan perintah ke seluruh fungsi tubuh.

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dapat memunculkan berbagai reaksi, salah satunya gemetar atau berkedut. Hal ini disebabkan oleh kafein yang mengirim sinyal ke sistem saraf pusat agar bekerja lebih keras. Otot-otot akan terangsang untuk berkontraksi dan bergerak di luar kendali.



6. Gangguan Nutrisi

Kekurangan nutrisi seperti magnesium dapat memicu terjadinya mata kedutan. Gangguan mata kedutan karena kekurangan magnesium ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun selain itu, kamu harus mengingat untuk tetap mengonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi ya!

7. Sakit Demam

Sakit demam dapat membuat kedutan mata. Demam menandakan fungsi imunitas kita melemah. Kamu dapat mengonsumsi vitamin, berolahraga, atau melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Kondisi Medis Tertentu

Selain berbagai penyebab di atas, kedutan mata juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Kamu dapat mengkonsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih mendalam.

Kedutan mata ini dapat kamu atasi dengan mengompres mata, memijat mata, dan tidur yang cukup. Kedutan mata kiri bawah biasanya penyakit yang tidak berbahaya. Namun jika kedutan terjadi secara terus-menerus, kamu harus waspada. Kedutan dapat menjadi tanda dari kondisi medis yang lebih serius. (nwy/up)
Topik Hangat Kedutan 101