Kamis, 20 Jun 2019 16:24 WIB

Bayi Menangis Kencang di Pesawat, Harus Bagaimana? Coba Trik Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bayi menangis ketika merasa tidak nyaman (Foto: iStock) Bayi menangis ketika merasa tidak nyaman (Foto: iStock)
Jakarta - Seringkali saat bepergian dengan anak menggunakan moda transportasi pesawat, ketakutan terbesar orang tua adalah jika anaknya menangis saat di perjalanan. Panik dan serba salah sekali pastinya!

Bagi sebagian besar orang, hal tersebut dapat dimaklumi tapi ada sebagian lain yang nampaknya terganggu dengan hal tersebut. Bahkan, seorang selebriti baru-baru ini mengungkap kekesalannya saat terganggu oleh tangis bayi di pesawat di media sosial. Alhasil, ia malah menuai hujatan karena keluhannya tersebut.

Menurut spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, SpA (K), banyak anak dan bayi akan menangis karena dia belum memahami akan perubahan tekanan yang dialami di dalam pesawat.

"Kalau di pesawat itu biasanya anak nangis kenceng pas mau naik, turbulence, dan akan mulai turun. Pada saat itu ada perubahan tekanan yang bikin anak tidak nyaman," tuturnya saat dijumpai detikHealth, Kamis (20/6/2019).



dr May, sapaannya, menambahkan trik dari jaman dulu yang bisa diajarkan untuk orangtua adalah adalah anaknya disuruh menelan upaya tekanan di telinga tengah menjadi sama atau stabil.

"Jadi misalnya kalau bayi bisa sambil nyusu atau anak yang lebih besar bisa minum air putih untuk membantu supaya nggak begitu sakit," sebutnya.

"Biasanya sebaiknya disiapkan terlebih dahulu ya. Kalau udah nangis, udah susah disuruh diem atau diajak minum. Karena kalau anak sudah nangis ya udah nangis terus,".

(kna/up)
News Feed