Kamis, 20 Jun 2019 16:53 WIB

Mengapa Pengidap Kanker Tubuhnya Menjadi Kurus?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Warganet terkejut tubuh Agung Hercules menjadi kurus akibat kanker. Foto: Instagram istri Agung Hercules Warganet terkejut tubuh Agung Hercules menjadi kurus akibat kanker. Foto: Instagram istri Agung Hercules
Jakarta - Selebriti Agung Hercules mengidap kanker otak stadium empat. Warganet terkejut dengan perubahan tubuh Agung yang kini tampak lebih kurus. Tak hanya pada pelantun lagu 'Astuti' tersebut, perubahan kondisi tubuh seperti ini sering kita lihat pada pengidap kanker lainnya.

Kebanyakan pengidap kanker memang akan mengalami perubahan berat badan, pengurangan massa otot dan kelelahan ekstrem pada satu titik selama pengobatan mereka. Situs Cancer Care mengatakan untuk melawan kanker, tubuh memproduksi senyawa yang disebut sitokin.


Senyawa ini dapat menyebabkan penurunan berat badan, otot dan nafsu makan. Penyebab kurusnya tubuh lainnya adalah pengobatan kanker. Radiasi dan kemoterapi kerap menyebabkan penurunan nafsu makan, serta munculnya efek samping seperti mual, muntah, dan sariawan yang bisa berujung menurunkan bobot dan massa otot.

"Kelelahan juga dapat menjadi faktor, karena berkurangnya olahraga dan aktivitas fisik lainnya yang terjadi saat kamu merasa tidak enak badan bisa menyebabkan penurunan massa otot," tulis situs tersebut, seperti dikutip detikHealth pada Kamis (20/6/2019).

Untuk menangani hal ini agar tidak memperburuk kesehatan, biasanya pasien akan disarankan untuk melakukan hal-hal berikut ini:


1. Makan makanan yang seimbang
Pastikan makanan yang diasup kaya nutrisi dan sudah termasuk protein untuk melindung massa otot tubuh yang hilang selama kemoterappi. Misalnya daging merah, daging ayam, tahu dan tempe adalah sumber protein terbaik, ditambah juga produk susu seperti yogurt.

2. Tingkatkan jumlah asupan kalori
Pilihlah makanan bernutrisi yang bisa kamu makan dan kamu sukai, lalu tingkatkan jumlah kalorinya. Jika kamu kesulitan menaikkan nafsu makan, cobalah makan dengan porsi sedikit namun lebih sering. Misalnya smoothies, atau puree (bubur halus) yang lebih mudah untuk dicerna.

3. Perbanyak minum
Menjaga tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari merupakan poin penting, baik pada pengidap kanker maupun orang sehat.

4. Santai saja
Jika kamu merasa lemas dan lelah, mulai dengan 3 atau 4 menit berjalan sesekali. Atau kamu bisa juga mencoba olahraga saat duduk di kursi dengan menaik-turunkan kedua lengan lalu ke depan dan belakang untuk menjaga kelenturan. Menggenggam dan mengangkat lengan naik dan turun di depanmu juga bisa meningkatkan kekuatan.




(frp/up)