Kamis, 20 Jun 2019 18:57 WIB

Anak Pulang Main Lalu Demam? Belum Tentu Infeksi, Bisa Jadi Dehidrasi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Anak demam usai bermain di luar rumah. Foto: iStock Anak demam usai bermain di luar rumah. Foto: iStock
Jakarta - Setelah berjam-jam bermain dengan temannya di luar rumah, anak pun pulang. Tapi yang mengejutkan, dia kembali ke rumah dalam keadaan demam. Haruskah langsung dikompres?

"Kalau anak pulang lalu demam, tindakan yang bisa dilakukan selain ngompres itu adalah banyak minum dulu. Kalau setelah itu anak sudah tidak demam, berarti tidak perlu lagi dikompres," ujar spesialis anak konsultan tumbuh kembang dari RS Pondok Indah, dr Catharine M Sambo, SpA(K), kepada detikHealth, Kamis (20/6/2019).


dr May, sapaannya, menuturkan jika anak demam bisa jadi dia kehilangan cairan dari tubuh. Jadi misalnya anak main di bawah sinar matahari, suhu akan lebih panas jadi penguapan yang terjadi lebih banyak. Anak berkeringat juga sehingga terjadi lagi kehilangan cairan.

"Semua aktivitas ditambah paparan sinar matahari kan secara umum menaikkan suhu tubuh. Suhu tubuh yang meningkat juga menambah kebutuhan input cairan dan harus minum lebih banyak untuk mengkompensasi itu," ucapnya.

"Semakin parah dehidrasi maka suhu tubuh pun semakin naik. Jadi seperti cycle jadi harus diputus dengan minum lebih banyak," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed