Jumat, 21 Jun 2019 11:01 WIB

Viral Anak 4 Tahun Keracunan Gara-gara Gigit Tanaman Hias

Firdaus Anwar - detikHealth
Tanaman hias Dieffenbachia disebut jadi penyebab keracunan anak ini. (Foto: Tangkapan layar Facebook) Tanaman hias Dieffenbachia disebut jadi penyebab keracunan anak ini. (Foto: Tangkapan layar Facebook)
Jakarta - Untuk memberi kesan hijau yang asri tidak jarang tanaman hias sengaja di rawat di lingkungan sekitar. Mungkin tidak kita ketahui, namun beberapa tanaman itu bisa saja mengandung racun sehingga harus hati-hati saat menghadapinya.

Terkait hal tersebut belakangan viral cerita tentang seorang anak perempuan 4 tahun dari Malaysia keracunan setelah iseng menggigit tanaman hias berjenis Dieffenbachia. Diceritakan bahwa sang anak masuk ke rumah sambil menangis dengan kondisi mulut kaku tidak bisa menutup.


"Masuk rumah menangis mcm luka teruk but tak nampak luka atau apa2 kesan sakit," tulis sang ibu di Facebook.

Setelah dicek di internet tentang tumbuhan apa yang digigit putrinya, baru sang ibu tahu bahwa Dieffenbachia yang populer disebut daun bahagia atau bunga bahagia ini termasuk tanaman beracun. Getahnya mengandung kalsium oksalat yang dapat menimbulkan gatal-gatal, iritasi, muntah, hingga kejang.

Beruntung sang anak hanya sedikit terpapar getah bunga dan langsung dibawa ke dokter. Besoknya Kondisi sudah membaik dan sang ibu mengimbau agar orang tua lain berhati-hati.

Cerita yang diunggah pada 14 Juni tersebut sudah dibagikan lebih dari 4,5 ribu kali.

"Dulu waktu kecil nenek pernah pesan jangan main-main sama tanaman hias ini, bahaya. Untung dengar omongannya," komentar salah satu pengguna Facebook.

(fds/up)
News Feed