Jumat, 21 Jun 2019 12:00 WIB

10 Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir, Cek di Sini

Fithria Pratiwi - detikHealth
10 Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir, Cek di Sini/Foto: iStock 10 Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir, Cek di Sini/Foto: iStock
Jakarta - Memandikan bayi yang baru lahir untuk orangtua merupakan tantangan tersendiri. Ada beberapa cara yang harus dilakukan, apa saja itu?

Biasanya ibu muda belum terlalu bisa memandikan bayinya. Dengan mengetahui cara memandikannya sangat berguna agar bayi tetap nyaman.

Berikut cara memandikan bayi:



1. Pilihlah Tempat yang Hangat

Pilihlah tempat yang hangat untuk memandikan bayi. Jangan pilih tempat yang banyak anginnya karena dapat membuat anak kedinginan.

2. Siapkan Semua Perlengkapan

Menyiapkan perlengkapan yang diperlukan untuk memandikannya. Barang-barang seperti ember, sabun, sampo, handuk, kapas, dan waslap yang baik untuk bayi.

3. Menggunakan Air Hangat

Tes dulu kondisi air yang akan digunakan bayi untuk mandi dengan menggunakan lengan atau siku. Air yang digunakan harus hangat dan nyaman untuk bayi.

4. Melepaskan Pakaian Bayi

Selanjutnya cara memandikan bayi yaitu melepaskan pakaiannya. Lepaskan pakaian bayi dengan hati-hati, tahan leher, dan kepalanya dengan lembut. Bersihkan terlebih dahulu jika bayi ngompol atau buang air besar.

5. Membersihkan Area Mata

Sambil memegang kepala bayi dengan hati-hati, bersihkan area mata dengan lembut menggunakan kapas bulat yang telah dibasahi air hangat. Tetap hati-hati agar tidak mengenai bagian dalam mata.



6. Mencuci Wajah Bayi

Gunakan waslap lembut yang sudah dibasahi untuk mengusap mulut, hidung, lipatan leher, dan seluruh wajah bayi. Lakukan usapan dari bagian tengah menuju keluar.

7. Mencuci Rambut Bayi

Letakkan satu lengan anda di bawah punggungnya dan telapak tangan di belakang kepalanya. Gunakan tangan anda yang bebas untuk membasahi rambut bayi dengan waslap. Kemudian bilas rambut bayi dengan air sampai tidak ada pembersih yang tersisa.

8. Mencuci Tubuh Bayi

Basahi dan tuang sabun ke tangan anda atau waslap yang lembut dan mulailah membersihkan seluruh tubuh bayi. Jangan lupa membersihkan area popok menggunakan air hangat yang bersih.

9. Perawatan Tali Pusat

Cara memandikan bayi yang masih ada tali pusat dapat dilakukan dengan cara membersihkan area pangkal tali pusat dan sekitarnya dengan kapas bulat. Jangan takut untuk membersihkan tali pusat!

10. Memakaikan Baju pada Bayi

Pastikan untuk mengeringkan tubuh bayi sebelum memakaikannya baju. Memberikan perawatan bayi juga bisa anda berikan seperti lotion, bedak, dan lainnya untuk membantu melembabkan kulitnya dan membuatnya lebih nyaman.

Itulah cara memandikan bayi usia di bawah 1 bulan yang bisa menjadi penguat mental ibu muda memandikan anak. Ibu juga dapat mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter untuk tahap-tahap memandikan anak. Selamat mencoba!


(nwy/up)
News Feed