Jumat, 21 Jun 2019 13:00 WIB

9 Manfaat Senam Nifas Pasca Persalinan

Fithria Pratiwi - detikHealth
9 Manfaat Senam Nifas Pasca Persalinan/Foto: iStock 9 Manfaat Senam Nifas Pasca Persalinan/Foto: iStock
Jakarta - Senam nifas memiliki banyak manfaat yang baik untuk ibu pasca persalinan. Apa saja itu?

Nifas adalah darah yang keluar dari rahim wanita sesudah melahirkan. Darah nifas keluar selama 40-60 hari sejak ibu melahirkan. Pada masa nifas beberapa hari tersebut membuat seorang perempuan dilarang untuk sholat, puasa, dan berhubungan intim dengan suaminya.

Selama proses persalinan yang panjang dan menguras energi, mungkin kamu akan memilih menikmati masa nifas dengan beristirahat dan mengurus buah hati. Banyak yang tidak tahu, bahwa kamu dapat menghabiskan waktu dengan melakukan senam saat nifas.



Kamu dapat merasakan banyak manfaat dari melalukan senam nifas ini. Melakukan senam nifas tidak harus di sanggar senam atau tempat gym tertentu. Senam nifas ini dapat dilakukan di rumah, hal ini dikarenakan melakukan senam nifas tidak sulit dan bahkan tanpa memerlukan alat-alat khusus. Ada beberapa video gerakan senam nifas yang bisa kamu dapatkan di internet.

Berikut beberapa manfaat senam selama masa nifas setelah melahirkan:

1. Membantu Menyembuhkan Rahim

Pada masa kehamilan, ukuran rahim yang semulanya kecil akan semakin bertambah besar seiring berkembangnya bayi dalam rahim ibu. Setelah melahirkan, ukuran rahim yang membesar tersebut akan mengerut dan belum berubah seperti keadaan semula. Dengan melakukan senam nifas ini dapat membantu penyembuhan yang terjadi pada rahim.

2. Membantu Menormalkan Sendi-sendi

Melakukan senam nifas dapat menormalkan sendi-sendi yang mengalami pelonggaran saat ibu mengejan selama proses melahirkan. Senam nifas juga mampu membantu memperbaiki sendi-sendi yang mengalami sedikit pergeseran selama proses melahirkan.

3. Membantu Mengelola Stres

Melahirkan anak pertama akan membuat ibu belum terbiasa dengan kondisi tubuh yang mampu membuat stres. Selain dukungan keluarga, melakukan senam nifas juga berguna untuk mengelola stres yang dialami oleh ibu.

4. Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat senam nifas selanjutnya yaitu dapat membantu mengurangi rasa sakit. Rasa sakit dan panjangnya masa persalinan membuat ibu harus menguras banyak tenaga. Rasa sakit yang masih tersisa pada masa persalinan dapat diredakan dengan melakukan gerakan senam pada saat masa nifas.

5. Membantu Mencegah Komplikasi

Melakukan senam nifas bermanfaat untuk mencegah komplikasi yang terjadi. Kondisi ibu yang lemah setelah pasca melahirkan memungkinkan berbagai macam penyakit datang.

6. Membantu Melancarkan Sirkulasi Darah

Senam nifas sama halnya dengan manfaat senam lainnya yaitu melancarkan sirkulasi darah. Badan yang sehat membuat aktivitas sehari-hari menjadi lancar sehingga membuat ibu dapat dengan tenang memberikan ASI yang esklusif.

7. Membantu Meperlancar Buang Air

Dengan melakukan senam nifas, dapat membantu memperlancar buang air kecil dan buang air besar bagi ibu pasca persalinan. Setelah persalinan kondisi tubuh ibu akan mengalami penurunan karena terkurasnya tenaga pada saat melahirkan. Hal ini membuat ibu akan mengalami kesusahan untuk buang air kecil dan besar. Selain itu dengan mengonsumsi serat dari buah dan sayur dapat membantu memperlancar buang air.

8. Membantu Memperbaiki Postur Tubuh

Tubuh ibu setelah hamil akan mengalami perubahan postur tubuh dan kenaikan berat badan. Dengan melakukan senam dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Melakukan senam pada saat nifas juga mampu menjaga kesehatan dan menunjang penampilan.

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Pada masa kehamilan akan membuat berat badan naik. Kamu dapat menurunkan berat badan dengan memulai senam pada saat nifas. Senam nifas mampu membantu untuk menurunkan berat badan dan menyehatkan tubuh ibu.

Itulah manfaat senam nifas pasca persalinan yang dapat kamu coba. Masa nifas merupakan waktu yang tepat untuk memulai aktivitas fisik agar tubuh lebih bugar. Selama tidak diharuskan untuk bed rest dan tidak mengalami komplikasi melahirkan yang serius, kamu dapat memulai mencoba senam saat masa nifas.
(nwy/up)
News Feed