Sabtu, 22 Jun 2019 09:08 WIB

Ingat Ya, Handuk Wajib Dicuci Dua Kali Seminggu

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi handuk yang wajib dicuci 2 kali seminggu. Foto: thinkstock Ilustrasi handuk yang wajib dicuci 2 kali seminggu. Foto: thinkstock
Jakarta - Saat mandi, kita menghilangkan berbagai kuman yang ada di tubuh menggunakan air dan sabun. Setelah itu tentu kita nggak pengin dong tertempel lagi oleh kuman dan bakteri?

Tapi kalau Anda jarang mencuci handuk, kejadian itu sangat mungkin terjadi. Begitu bakteri bersarang di handuk, ia akan mulai berkembang biak.

"Itu terus menumpuk saat Anda menggunakan handuk lagi hari demi hari," kata Chuck Gerba, PhD, profesor mikrobiologi di University of Arizona, dikutip dari Reader's Digest.

Menggosok tubuh dengan handuk kotor berisiko terkena infeksi. Saat terinfeksi, tubuh akan sering terasa gatal dan saat digaruk akan memberi jalan bagi bakteri untuk masuk ke dalam tubuh.


Dr Gerba merekomendasikan untuk mencuci handuk setiap dua atau tiga hari. Lebih dari itu, semua mikroorganisme akan menempel pada handuk.

"Anda mungkin tidak sakit setelah menggunakan handuk selama dua minggu, tetapi bukan itu intinya. Apakah Anda akan mengenakan pakaian dalam yang kotor setelah mandi bersih? Tentu tidak kan," tambahnya.

Di sela-sela mencuci, kurangi pertumbuhan bakteri dengan membiarkan handuk mengering sepenuhnya. Alih-alih melipat handuk, letakkan di ruang terbuka sehingga akan kering dengan baik.

(kna/up)
News Feed