Sabtu, 22 Jun 2019 21:00 WIB

9 Penyebab Gatal di Selangkangan yang Harus Kamu Hindari

Fithria Pratiwi - detikHealth
9 Penyebab Gatal di Selangkangan yang Harus Kamu Hindari/Foto: istock 9 Penyebab Gatal di Selangkangan yang Harus Kamu Hindari/Foto: istock
Jakarta - Rasa gatal di selangkangan sangat mengganggu aktivitas, kamu pun harus bisa menghindarinya. Mau tahu apa saja penyebabnya?

Gatal di selangkangan akan ada bentol yang membuat area disekitarnya kemerahan. Dengan menggaruknya akan membuat situasi akan semakin memburuk. Lalu apa saja penyebab gatalnya selangkangan? Berikut penjelasannya:



1. Tidak Menjaga Kebersihan Alat Kelamin

Selangkangan merupakan salah satu area yang selalu tertutup lebih dari satu lapisan pakaian. Hal ini membuat udara di bagian selangkangan jauh lebih hangat dari tubuh lainnya. Jika kamu menggaruk daerah yang gatal, akan menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit yang menjadi kemerahan, ruam seperti luka bakar, gatal-gatal, dan bersisik.

Untuk menghindari terjadinya gatal, kamu harus menjaga kebersihan pakaian. Jika tidak rutin menjaga kebersihan daerah selangkangan akan membuatnya mudah berkeringat dan lembab.

2. Infeksi Jamur

Banyak di antara kamu yang akan bertanya "gatal di selangkangan disebabkan oleh apa?". Gatalnya selangkangan biasanya disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur dalam banyak kasus tidak berbahaya, tetapi jamur dapat berkembang biak dengan cepat ketika daerah yang ditinggalinya hangat dan lembab. Hal ini yang membuat kurap lebih sering muncul di selangkangan. Penyakit ini dapat menular dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak langsung. Kamu dapat mencegah untuk tidak berbagi pakaian atau handuk dengan orang lain.

3. Kutu Kemaluan

Kutu merupakan parasit yang bisa menyebabkan kulit gatal, termasuk gatal di selangkangan. Kutu di kemaluan dapat ditandai dengan mengalami rasa gatal, iritasi, dan muncul bintik putih kecil di rambut kemaluan. Rasa gatal yang muncul akan semakin terasa ketika di malam hari, karena kutu lebih aktif dan memakan darah manusia. Kutu dapat menyebar melalui kontak fisik, sering kali melalui kontak seksual.

4. Herpes Genital

Herpes genital membuat area kelamin menjadi bengkak, terasa panas, berwarna merah, dan nyeri. Selain itu muncul benjolan-benjolan kecil berair yang jika pecah akan menyebabkan luka yang menyakitkan. Tidak hanya di area kelamin saja, benjolan tersebut juga dapat muncul di sekitar mulut dan area anus. Herpes genital ini dapat menyebar melalui hubungan seksual.

5. Intertigo

Intertigo muncul di antara lipatan kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Peradangan ini dapat memburuk akibat kelembapan, cuaca panas, dan kurangnya sirkulasi udara. Area yang mengalami intertigo akan tampak kemerahan atau kecoklatan. Peradangan akan mengeluarkan bau yang tidak sedap dari bau badan biasanya.

6. Dermatis Kontak

Dermatis kontak dapat memengaruhi bagian tubuh manapun termasuk daerah selangkangan. Ada dua jenis dermatis kontak, yaitu alergi dan iritasi. Dermatis kontak akibat alergi dapat muncul pada orang-orang yang sensitif terhadap zat tertentu yang tidak berbahaya. Hal ini dapat disebabkan oleh sabun, sampo, dan deterjen yang tidak cocok terhadap kulit kamu. Sedangkan dermatis kontak yang iritasi, dapat disebabkan oleh keringat, urine, dan kotoran.

7. Penyakit Kelamin Menular

Ada banyak penyakit kelamin menular yang membuat selangkangan gatal, seperti klamidia, trikomoniasis, dan gonoro. Gatal yang terjadi akan membuat rasa nyeri dan terbakar.



8. Terlalu Banyak Gesekan

Terlalu banyak gesekan di daerah selangkangan dapat membuat rasa gatal. Gesekan tersebut dapat memicu peradangan, kulit kemerahan, gatal-gatal, hingga bersisik. Kamu dapat mengatasi dengan mengoleskan krim pelembab yang dapat mengembalikan kondisi kulit. Selain itu gunakan pula celana yang nyaman agar tidak terjadi gesekan antar kulit.

9. Kutil Kelamin

Kutil kelamin merupakan salah satu penyebab gatalnya selangkangan. Kutil kelamin berupa benjolan yang tumbuh di sekitar alat kelamin yang bisa terjadi pada pria maupun wanita. Penyakit ini dapat tertular melalui hubungan seksual.

Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan jika terjadi gatal di selangkangan. Selain itu, mencegah dengan tetap menjaga kebersihan selangkangan harus dilakukan agar jamur dan bakteri tidak berkembang biak yang dapat menimbulkan rasa gatal.

(nwy/up)
News Feed