Minggu, 23 Jun 2019 04:00 WIB

9 Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas dari Sisi Medis

Fithria Pratiwi - detikHealth
9 Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas dari Sisi Medis/Foto: iStock 9 Penyebab Kedutan Mata Kiri Atas dari Sisi Medis/Foto: iStock
Topik Hangat Kedutan 101
Jakarta - Setelah mata kiri bawah, kedutan mata kiri atas dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mau tahu apa penyebabnya? Yuk simak penjelasan dari sisi medisnya.

Umumnya kedutan digambarkan dengan perasaan berdenyut atau bergetar di area kelopak mata, bawah mata, hingga alis. Kedutan ini dapat terjadi secara tiba-tiba dan tidak terkendali. Biasanya kedutan jarang terjadi pada kedua mata dalam waktu yang sama.

Penyebab pasti mata kedutan tidak diketahui secara pasti. Namun ada berbagai kegiatan sehari-hari yang diduga dapat memicu mata kiri atas kedutan, di antaranya:



1. Kurang Tidur

Arti kedutan mata kiri atas dapat disebabkan oleh kelelahan. Mata membutuhkan istirahat yang cukup salah satunya dengan tidur. Kurang tidur akan membuat beberapa gangguan mata yang bisa terjadi salah satunya kedutan.

2. Mengonsumsi Kafein Berlebih

Mengonsumsi kafein berlebih dapat menyebabkan kedutan kelopak mata kiri atas. Kafein dapat menyebabkan otot pada mata mengejang dan berisiko menimbulkan kedutan pada mata kiri atau sisi lainnya.

3. Terlalu Lama Menatap Gadget

Mata kedutan sebelah kiri atas dapat disebabkan karena terlalu lama menatap gadget. Mata pun menjadi kelelahan dan kering sehingga menjadi berkedut.



4. Menggunakan Obat-obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu dapat membuat kedutan mata kiri atas. Obat antipileptik dan antipsikotik dapat memengaruhi saraf dan otot sehingga membuat otot menegang dan gemetaran.

5. Alergi

Kelopak mata kiri atas kedutan dapat disebabkan oleh alergi. Alergi akan membuat mata membengkak, berair, dan gatal. Ketika kamu merasakan gatal, biasanya kamu akan refleks menggosok mata. Akibat menggosok mata, zat histamin yang berada pada mata akan dilepaskan dan menimbulkan kedutan.

6. Gejala dari ALS

Amiotrophic Lateral Sclerosis (ALS) adalah sebuah penyakit yang menyebabkan sel-sel neuron pada otak dan sumsum tulang mengalami disfungsi dan terjadi pelemahan pada otot. Gejala awal yang terjadi yaitu munculnya kedutan pada wilayah mata.

7. Cahaya yang Terlalu Terang

Saraf dapat tegang ketika kamu berada di ruangan yang gelap dan tiba-tiba mendapatkan cahaya yang terang. Kondisi ini dapat menyakitkan mata dan membuat kedutan pada mata.

8. Mata Kering

Mata kering biasanya terjadi ketika kamu terlalu sering menatap handphone atau laptop terlalu lama. Mata kering ini dapat membuat kedutan pada mata kiri atas dan dapat menjalar ke bagian mata lainnya.

9. Hemifacial Spasm

Hemifacial spasm merupakan iritasi pada saraf wajah. Hal ini disebabkan oleh kerusakan struktur otak dalam dan membuat pembesaran pembuluh darah yang dapat menekan saraf terlalu kuat. Kedutan akan terasa pada mata selama beberapa hari atau bulan sampai saraf tidak tertekan lagi.

Selain berbagai penyebab di atas, kedutan mata kiri atas juga dapat disebabkan oleh kondisi medis tertentu lainnya. Kamu dapat konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih mendalam. (nwy/up)
Topik Hangat Kedutan 101
News Feed