Minggu, 23 Jun 2019 16:08 WIB

Kru Rossa Kena Serangan Jantung, Kenali 5 Gejala yang Kerap Terabaikan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Penyanyi Rossa membagikan pengalaman menegangkan saat seorang kru mengalami serangan jantung (Foto: Asep Syaifullah) Penyanyi Rossa membagikan pengalaman menegangkan saat seorang kru mengalami serangan jantung (Foto: Asep Syaifullah)
Jakarta - Penyanyi Rossa membagikan pengalaman yang menegangkan di media sosial. Seorang kru yang mendampinginya mendadak terkena serangan jantung.

Di Instagram pribadinya, Rossa mengisahkan soundman yang sudah mendampinginya selama 18 tahun tersebut tiba-tiba terjatuh. Sempat mendapat CPR, sang kru yang oleh Rossa dipanggil Om Danny tersebut akhirnya dibawa ke Rumah Sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

"Mohon doanya teman-teman, supaya beliau cepat sembuh, sehat seperti sedia kala," tulis Rossa di akun @itsrossa910.

Serangan jantung, seperti diketahui bisa menyerang kapan saja. Beberapa hal bisa meningkatkan risikonya, seperti usia di atas 60 tahun, kelebihan berat badan, punya diabetes, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi.



Gejala paling umum adalah nyeri dada. Namun demikian, ada beberapa gejala lain yang bisa saja menyeratai. Dikutip dari WebMD, berikut beberapa gejala lain yang perlu diwaspadai.

1. Mual dan nyeri perut
Tak heran bila kadang-kadang gejala awal serangan jantung dianggap cuma masuk angin. Ada beberapa keluhan di seputar perut yang muncul ketika serangan jantung terjadi, seperti mual dan nyeri lambung. Dilaporkan, perempuan lebih sering mengalaminya.

2. Nyeri menyebar di lengan
Charles Chambers, MD, ahli jantung dari Penn State Hershey Heart and Vascular Institute menyebut gejala klasik serangan jantung adalah nyeri yang menyebar di sebelah kiri tubuh. Berawal dari dada, lalu menyebar ke mana-mana.

"Tapi saya punya beberapa pasien yang mengalami nyeri dominan di lengan dan ternyata serangan jantung," katanya.



3. Pusing dan melayang-layang
Ada banyak penyebab kepala pusing dan melayang-layang, mulai dari kelelahan hingga kurang makan. Tetapi bila punya risiko serangan jantung, maka ada baiknya gejala ini perlu diwaspadai.

"Ini bisa berarti tekanan darah drop karena jantung tidak bisa memompa seperti seharusnya," jelas Vincent Bufalino, MD dari American Heart Association.

4. Nyeri rahang dan kerongkongan
Umumnya, nyeri di bagian ini lebih banyak berhubungan dengan jaringan otot, pilek, atau masalah sinus. Tetapi bila mengalami tekanan di dada yang menyebar hingga rahang dan kerongkongan, maka ada baiknya segera mencari pertolongan karena bisa jadi itu gejala serangan jantung.

5. Berkeringat dingin
Muncul keringat dingin tanpa sebab yang jelas bisa juga diwaspadai sebagai gejala serangan jantung. Para ahli menyarankan untuk sesegera mungkin mencari pertolongan, terutama bila memang punya faktor risiko serangan jantung.

(up/up)
News Feed