Minggu, 23 Jun 2019 18:27 WIB

Sunat Tanpa Suntik, Masihkah Ada Rasa Sakit?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ekspresi bocah menahan sakit saat sunat (Foto: Rachman Haryanto) Ekspresi bocah menahan sakit saat sunat (Foto: Rachman Haryanto)
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat
Jakarta - Selain takut pada proses sunatnya itu sendiri, banyak anak laki-laku yang juga takut saat harus menghadapi suntik anastesi (bius). Suntik biasa saja menyeramkan, apalagi di alat kelamin.

Tapi semakin maju teknologi, kini sunat tidak perlu disuntik. Jika sebelumnya paling tidak seseorang diberikan dua suntikan untuk anstesi, di Rumah Sunat, jarum suntik untuk anastesi diganti dengan needle-free injection.

Alat ini mengantarkan cairan obat anstesi dengan menggunakan mekanisme semprot dibantu dengan tenaga pegas berkecepatan tinggi. Dengan kecepetan tinggi ini lah dapat menghasilkan pancaran cairan sehingga obat dapat berpenetrasi ke dalam kulit melalui pori-pori.

"Risiko needle, semprotnya tadi partikel-partikelnya lebih kecil sehingga pembuluh darahnya aman. Jadi mencegah bengkak juga," ujar dokter spesialis bedah saraf dari Rumah Sunat dr Mahdian Nur Nasution, SpBS saat ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.



Lalu apakah benar-benar bebas rasa sakit?

Perbandingan berbagai teknik atau metode sunat yang ada saat ini.Perbandingan berbagai teknik atau metode sunat yang ada saat ini.


Menurut dr Mahdian, tujuan bius needle free injection memang untuk mengurangi trauma rasa sakit. Dengan alat ini, sensasi yang dirasakan pun jauh tidak sakit daripada menggunakan jarum suntik.

"Kalau pakai angin (needle-free injection -red) kayak disemprot air tapi relatif tidak sakit seperti di suntik... Karena anaknya tenang, si dokter nyunatnya lebih mudah, lebih cepet, lebih rapih," imbuhnya.

Alat needle-free injection ini terdiri dari tiga komponen utama, yaitu alat semprot cairan anastesi yang terbuat darii kaca dengan ukuran, injektor, dan pompa injektor.

"Di sana (Korea -red) ini nggak dipakai buat sunat, dipakainya buat kulit, misal dokter kulit mau nyuntik pakainya ini, dokter gigi mau cabut gigi di needle-free injection dulu. Karena di Korea nggak dipakai buat sunat, di Korea yang sunat tuh sedikit banget. Karena ini bagus nih makanya kita bawa ke Indonesia," tutup dr Mahdian.



Kisaran biaya sunat di Jakarta dan sekitarnya di musim liburan sekolah 2019 ini.


(wdw/up)
Topik Hangat Si Kecil Minta Sunat