Senin, 24 Jun 2019 18:02 WIB

15 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan, Kamu Harus Tahu!

Fithria Pratiwi - detikHealth
15 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan, Kamu Harus Tahu!/Foto: iStock 15 Manfaat Air Mineral untuk Kesehatan, Kamu Harus Tahu!/Foto: iStock
Jakarta - Air mineral adalah air yang memiliki kandungan mineral yang dapat memberikan banyak manfaat. Apa saja manfaat yang dapat dirasakan dengan mengonsumsi air mineral?

Banyak orang yang bingung dengan bedanya air mineral dengan air putih. Air putih biasa didapatkan dari alam seperti sungai, danau, atau keran rumah yang kemudian direbus sebelum diminum. Air putih mengandung atom hidrogen, sementara air mineral adalah air yang mengandung mineral di dalamnya. Dengan bedanya air putih dan air mineral, air putih juga bisa menjadi air mineral dengan menambahkan kandungan mineral ke dalamnya.

Air mineral merupakan sumber nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya:
1. Menghilangkan Dehidrasi dan Haus

Manfaat air mineral paling utama yaitu sebagai penghilang haus. Kekurangan air akan membuat kamu dehidrasi yang menyebabkan tubuh lemas. Mengonsumsi air putih dengan banyak akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Menurunkan Berat Badan

Segala jenis air putih termasuk mineral tidak mengandung lemak dan kalori. Ketika kamu memilih untuk meminum air mineral ketimbang air minum soda atau jus manis, kamu dapat menjaga jumlah kalori sekaligus menjaga tubuh tetap terhidrasi.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan air mineral dapat membantu memperkuat tulang, gigi, dan kuku agar tetap sehat. Kalsium dalam air mineral juga mampu mencegah berkembangnya penyakit tulang seperti osteoporosis.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kelebihan air mineral yaitu terdapatnya kandungan magnesium. Magnesium memiliki peran untuk menjaga tingkat tekanan darah normal. Jadi, bagi kamu yang memiliki masalah dengan tekanan darah yang tinggi, dapat mengonsumsi air mineral secara rutin.

5. Melancarkan Aliran Darah

Selain magnesium, air mineral juga mengandung potasium sehingga mampu melancarkan aliran darah. Aliran darah biasanya kerap mengalami gangguan karena penyempitan pembuluh atau pengentalan darah. Dengan aliran darah yang lancar, penyumbutan tidak akan terjadi sehingga dapat mencegah stroke atau gagal jantung.

6. Meningkatkan Kinerja Daya Otak

Manfaat air mineral pada otak yang akan kamu rasakan yaitu membantu kamu lebih fokus, mudah berpikir, dan berkonsentrasi. Salah satu manfaat air yang sangat penting adalah membantu menjaga kekuatan otak. Otak manusia 73% mengandung air, sehingga dengan mengonsumsi air mineral akan memberikan manfaat pada otak. Kinerja otak akan berkurang ketika kamu mengalami dehidrasi.

7. Membuat Kulit Bercahaya

Manfaat air mineral untuk wajah yang akan kamu rasakan yaitu dapat membuat kulit lebih bercahaya. Hal ini disebabkan karena setiap sel dalam tubuh terhidrasi dan dipenuhi air. Sistem pencernaan yang lebih baik akan mengeluarkan racun dari tubuh. Racun yang keluar ini membuat kamu akan lebih sehat dan membuat kulit lebih bercahaya.

8. Mencegah Nyeri Pada Sendi

Kandungan dan manfaat air mineral dapat membantu terjadinya nyeri pada sendi. Tulang rawan pada sendi dan cakram tulang belakang mengandung sekitar 80% air. Dehidrasi dalam jangka panjang akan mengurangi kemampuan penyerapan goncangan sendi. Dengan berkurangnya kemampuan ini akan membuat munculnya rasa nyeri pada sendi.

9. Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi air mineral secara teratur akan membantu untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Kandungan lain pada air mineral seperti potassium dan magnesium juga mampu memperbaiki fungsi jantung.

10. Menyehatkan Pencernaan

Air mineral dapat menghasilkan enzim untuk pencernaan sehingga dapat meringankan masalah seperti kembung dan sembelit. Selain itu, air mineral juga mampu mengurangi racun yang menyerang usus. Dengan mengonsumsi air mineral, maka kamu dapat menyehatkan pencernaan dalam tubuh.



11. Menjaga Kinerja Otot

Air mineral yang kaya akan magnesium mampu menjaga dan membantu kinerja otot. Magnesium membuat otot rileks dan berkontraksi dengan baik. Ketika kamu kekurangan magnesium, kamu akan merasakan sakit pada otot dan kram.

12. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat air putih selanjutnya yaitu membantu meningkatkan sistem imun. Dengan mengonsumsi air mineral, imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih sehat.

13. Mencegah Kerusakan Ginjal

Ginjal berguna untuk mengatur cairan di dalam tubuh. Kandungan air yang kurang di dalam ginjal akan menyebabkan batu ginjal dan masalah ginjal lainnya.

14. Membantu Menguatkan Rambut

Air mineral juga mampu mengembalikan kekuatan yang hilang pada rambut. Polusi dan matahari dapat membuat kerusakan kualitas rambut. Mengonsumsi air mineral dengan teratur akan membuat rambut akan terlihat bersinar karena mampu mengembalikan tingkat pH kulit kepala.

15. Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala dapat menjadi penyebab tanda-tanda dehidrasi. Ketika tubuh kekurangan cairan, kerja pacu jantung akan semakin keras sehingga jaringan dalam tubuh tidak berfungsi optimal.

Demikian manfaat air mineral yang dapat kamu rasakan. Minum air mineral merupakan salah satu cara yang mudah untuk menjaga tubuh selalu sehat.

Jadi mulai sekarang ganti minuman manis dan soda dengan air mineral. Minum air sekurangnya 2 liter per hari ya!



(nwy/nwy)