Selasa, 25 Jun 2019 09:00 WIB

Luka Bakar Bisa Diobati Pakai Tepung Terigu? Ini Kata Ahli

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi luka bakar. Foto: thinkstock Ilustrasi luka bakar. Foto: thinkstock
Jakarta - Di media sosial beredar informasi tentang bagaimana terigu bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka bakar. Diceritakan bahwa hal tersebut disampaikan oleh seorang veteran prajurit Vietnam yang menyaksikan orang terbakar bisa sama sekali tidak melepuh setelah kena sekarung terigu.

Orang-orang didorong mencoba membubuhkan tepung terigu pada bagian yang terbakar selama 10 menit. Diklaim rasa sakit akan langsung hilang dan tidak akan meninggalkan bekas luka.

"*Cobalah*.Janganlah siram bagian tubuh yang terbakar dengan Air Dingin dulu. Tapi Langsung masukkan dan rendam di kantung tepung terigu selama 10 menit, dan saksikanlah/rasakanlah suatu keajaiban," tulis informasi yang dibagikan salah satu pengguna Facebook.



Luka Bakar Bisa Diobati Pakai Tepung Terigu? Ini Kata AhliFoto: Tangkapan layar Facebook


Menanggapinya Deborah Murray dari National Burn Centre, New Zealand, menyebut kalau informasi itu menyesatkan. Justru yang harus segera dilakukan agar luka tidak jadi parah adalah dengan mendinginkannya di air dingin mengalir selama 20 menit.

"Kami berusaha memberikan edukasi menjangkau orang-orang seluas mungkin. Pesan viral yang semacam ini bisa merusak apa yang sudah kami sampaikan dengan cepat," kata Deborah dikutip dari Stuff.

Tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI juga sudah melakukan investigasi dan menyebut pesan tersebut hoaks.

"Berdasarkan penelusuran, penggunaan tepung terigu untuk pengobatan luka bakar tidak direkomendasikan oleh ahli kesehatan karena dapat menyebabkan infeksi. Selain itu tidak ada sumber informasi modern dan kredibel yang merekomendasikan penggunaan tepung sebagai obat luka bakar," tulis Kominfo di situs resminya.

(fds/up)