Selasa, 25 Jun 2019 15:45 WIB

12 Makanan Berserat untuk Pencernaan yang Baik untuk Dikonsumsi

Fithria Pratiwi - detikHealth
12 Makanan Berserat untuk Pencernaan yang Baik untuk Dikonsumsi/Foto: Istimewa 12 Makanan Berserat untuk Pencernaan yang Baik untuk Dikonsumsi/Foto: Istimewa
Jakarta - Mengonsumsi makanan berserat bagus untuk membantu menjaga seseorang terhindar dari gangguan pencernaan. Tahukah kamu apa saja makanan yang mengandung serat?

Serat merupakan salah satu asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak manfaat yang dirasakan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang berserat contohnya mencegah wasir dan sembelit. Makanan yang berserat tinggi untuk wasir dan sembelit ini bisa kamu dapatkan dalam berbagai makanan berikut:



1. Jagung

Makanan berserat yang baik untuk tubuh kamu yang pertama yaitu jagung. Dalam satu buah jagung mengandung 2 gram serat. Kamu dapat merebus jagung atau bisa pula dikonsumsi dalam bentuk popcorn.

2. Chia Seed

Chia seed merupakan makanan berserat tinggi yang dapat kamu coba. Chia seed mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan sekaligus dapat melancarkan buang air besar.

3. Apel

Mengonsumsi apel beserta kulitnya dapat membantu mencukupi serat harianmu. Setiap satu apel ukuran sedang mengandung 4,4 gram serat.

3. Alpukat

Mengonsumsi buah alpukat juga termasuk contoh makanan berserat yang dapat kamu coba. Selain sebagai sumber lemak baik, buah ini memiliki serat sekitar 6,7 gram per 100 gram alpukat.

4. Wortel

Wortel merupakan jenis makanan berserat yang dapat pula kamu coba. Selain mengandung vitamin A yang tinggi, di dalam 100 gram wortel terdapat 4 gram serat. Kadar serat yang tinggi dalam wortel ini dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan harianmu.

5. Anggur

Anggur dapat kamu konsumsi untuk mencukupi serat harian yang dibutuhkan tubuh. Setiap 100 gram buah anggur mengandung 0,9 gram serat pangan. Selain dapat melancarkan pencernaan, anggur juga dapat mencegah jantung koroner, menghambat sel kanker, mengatasi insomnia, mengatasi hipertensi, dan mencegah diabetes.

6. Pir

Makanan berserat selanjutnya yang bisa kamu pilih yaitu buah pir. Rasa yang lezat pada buah pir dapat menjadi pilihan untuk memenuhi serat harian. Hal ini dikarenakan di dalam 100 gram buah pir mengandung 3,1 gram serat.

7. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hitam, dan kacang merah merupakan salah satu sumber serat. Selain kaya akan serat, kacang tanah juga mengandung protein dan zat besi. Sementara kacang hitam mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh. Bagi kamu yang sedang diet, dengan mengonsumsi kacang-kacangan juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

8. Kiwi

Makanan berserat selanjutnya yang dapat kamu konsumsi yaitu kiwi. Hal ini disebabkan dalam 1 porsi kiwi mengandung 3,4 gram serat. Selain untuk memenuhi kebutuhan serat, buah kiwi dapat menjadi sumber vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.



9. Bayam

Bayam mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Di dalam bayam juga terdapat magnesium yakni mineral yang mampu mengendurkan otot-otot usus sehingga menggerakkan kotoran keluar.

10. Gandum Utuh

Gandum utuh seperti beras merah dan gandum hitam memiliki kandungan serat yang tinggi. Gandum utuh mampu mengatasi sembelit ringan sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan tubuh.

11. Brokoli

Di dalam 100 gram brokoli mengandung 0,9 gram serat yang dapat memenuhi serat harianmu. Selain itu, brokoli juga merupakan salah satu makanan rendah kolesterol yang baik bagi tubuh.

12. Tomat

Tomat dapat menjadi pilihanmu untuk memenuhi kebutuhan serat harian, karena di dalam tomat mengandung 1,2 gram serat. Selain kandungan serat, tomat juga mengandung likopen yang baik untuk menghindari penyakit prostat bagi para pria.

Itulah 12 makanan berserat yang dapat kamu pilih menjadi konsumsi harianmu. Rajin untuk mengonsumsi makanan berserat dapat membantu menjaga pencernaan tetap sehat. Selamat mencoba!

(nwy/nwy)
News Feed