Selasa, 25 Jun 2019 16:00 WIB

Agar Luka Tak Parah, Begini Respons Hadapi Anjing yang Menggigit

Firdaus Anwar - detikHealth
Anjing yang menggigit bocah 6 tahun di Sleman. (Foto: Dok Michael Raymond) Anjing yang menggigit bocah 6 tahun di Sleman. (Foto: Dok Michael Raymond)
Jakarta - Seorang bocah perempuan 6 tahun digigit oleh dua ekor anjing diduga milik artis saat berkunjung ke vila di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kaki kanannya mengalami luka dan orang tua berencana melaporkan kejadian ini ke polisi.

"Kaki kanan putri saya digigit, dikoyak, saya kalah cepat mau menolong. Luka lebar menganga dalamnya sampai 3 cm, yang lain gigitan kecil," kata sang ayah, Michael Raymond (32), seperti dikutip dari detikcom pada Selasa (25/6/2019).

Pelatih anjing dari BlackFace Club, Kenny Rao, menyarankan agar kita jangan terlalu panik meronta dan melawan saat digigit anjing. Alasannya karena bisa jadi hal tersebut akan semakin memperparah luka robek dari gigitan.


"Waktu digigit anjing usahakan tenang, jangan melawan karena perlawanan itu justru menambah luka robek terutama jika anjing itu melakukan gerakan shaking," kata Kenny beberapa waktu lalu seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Menurut Kenny sebagian anjing hanya akan sekali menggigit lalu dilepas tapi ada juga yang tidak mau melepas gigitannya. Bila itu terjadi maka harus ada orang lain memberi bantuan memisahkan gigitan dengan bagian tubuh yang digigit dengan besi atau kayu.

Bila gigitan sudah lepas maka segera bersihkan luka dengan antiseptik lalu pergi ke fasilitas kesehatan untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Suntikan serum dan vaksin mungkin diperlukan untuk mencegah rabies.

(fds/up)