Selasa, 25 Jun 2019 18:00 WIB

11 Cara Mengendalikan Emosi yang Berlebihan, Kamu Pasti Bisa!

Fithria Pratiwi - detikHealth
11 Cara Mengendalikan Emosi yang Berlebihan, Kamu Pasti Bisa!/Foto: iStock 11 Cara Mengendalikan Emosi yang Berlebihan, Kamu Pasti Bisa!/Foto: iStock
Jakarta - Emosi yang berlebihan dapat memengaruhi tindakan selanjutnya. Kamu harus tahu bagaimana cara mengendalikan emosi diri agar tidak membuat masalah semakin rumit.

Emosi yang dirasa terlalu berlebihan akan membuat hari-hari kamu tidak bersemangat. Hubungan kamu dengan dengan orang lain di sekitar juga menjadi tidak baik. Hal ini yang membuat kamu harus menahan emosi agar tidak meledak dan mengakibatkan kerugian kedepannya. Bagaimana cara mengendalikan emosi? Berikut penjelasannya:

1. Buang Berpikiran Buruk

Saat kamu sedang dilanda masalah yang rumit, otak akan cenderung lebih fokus memikirkan jalan keluar terbaiknya. Berusaha untuk berhenti memikirkannya agar tidak memunculkan reaksi negatif. Memang sulit untuk tidak memikirkannya, tetapi dengan mencoba untuk melupakannya sesaat dapat membuat kamu lebih rileks.

2. Mencoba Diam

Mencoba untuk diam merupakan salah satu cara mengendalikan emosi diri. Saat marah kamu akan mengeluarkan kata-kata yang lepas dari kontrol. Bahkan perkataan-perkataan tersebut dapat memperparah keadaan karena emosi menjadi lebih meledak. Akan lebih baik jika kamu diam dan memberikan waktu sejenak untuk mengatasi emosi pada diri sendiri.

3. Berusaha Memberikan Emosi Positif

Mencari permasalahan yang sedang terjadi saat ini merupakan salah satu cara mengendalikan emosi. Kamu dapat mengambil hal positif dari permasalahan ini untuk menghalau emosi buruk yang akan muncul. Anggap saja apa yang terjadi adalah sebuah pembelajaran yang dapat meningkatkan dirimu menjadi lebih baik lagi.

4. Menenangkan Diri

Jika emosi terjadi, kamu harus mencoba untuk berpikir tenang agar dapat berpikir secara logis serta mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah yang ada. Kamu dapat menarik napas dalam-dalam, dan menghitung mundur perlahan untuk menurunkan emosi. Cobalah untuk mengalihkan pikiran agar dapat membuat kamu lebih rileks.

5. Cobalah untuk Berlapang Dada

Berlapang dada dapat menjadi cara mengendalikan emosi yang harus kamu lalukan. Seberat atau sesulit apapun masalah, kamu harus bisa bangkit untuk membuktikan bahwa kamu baik-baik saja. Kamu harus berlapang dada bawah dengan masalah ini ada hal yang mungkin akan berubah ke depannya.

6. Mencoba untuk Mengalah

Cara mengendalikan emosi terhadap pasangan dapat dengan cara mengalah. Emosi yang terjadi dapat disebabkan karena karena ego dari kedua belah pihak. Sebagai seorang lelaki, kamu juga bisa mengendalikan emosi wanita dengan mencoba untuk lebih mengalah. Mengalah dapat membuat kamu mencari jalan keluar permasalahan yang sedang terjadi.

7. Cobalah untuk Tersenyum

Tersenyum dapat membantu untuk memengaruhi emosi yang meningkat. Tersenyum pada saat emosi memang terasa janggal, namun otak akan merespon dan menyesuaikan emosi. Hal ini dapat kamu lakukan untuk cara mengendalikan emosi pada anak agar tidak terjadi tindakan yang berlebih.

8. Ceritakan Masalah Pada Orang Terpercaya

Cara untuk menahan emosi juga dapat kamu lakukan dengan menceritakan masalah pada orang terdekatmu. Meski tidak mendapatkan solusinya, setidaknya beban yang ditanggung akan terasa lebih ringan. Bahkan jika diperlukan, kamu juga bisa menggunakan jasa psikiater untuk membantu memberikan solusi atau pun terapi dari sisi yang lebih profesional.

9. Introspeksi Diri

Setiap permasalahan haruslah melakukan introspeksi diri. Cobalah untuk meninjau kembali permasalahan yang telah kamu alami. Jangan takut untuk mengakui kesalahan jika memang kamu menyadari kesalahan tersebut terjadi karenamu.

10. Berolahraga

Berolahraga merupakan salah satu cara yang mengasyikkan untuk menahan emosi. Kamu dapat membuat badan kamu lebih sehat dan membuat kamu lebih rileks. Olahraga dapat membuat saraf yang tadinya tegang menjadi lentur.

11. Membaca

Membaca dapat menjadi solusi untuk menahan emosi yang sedang meluap-luap. Mengalihkan pikiran sangat membantu untuk meredakan emosi. Bacalah buku tentang komedi, kisah lucu, atau motivasi yang membuat pikiran jauh lebih tenang.

Itulah 11 cara mengendalikan emosi berlebihan yang dapat kamu coba. Emosi yang berlebihan tidak baik untuk diri dan orang di sekitarmu. Kamu perlu mengendalikan emosi untuk mencegah kondisi menjadi lebih buruk.

(nwy/nwy)