Selasa, 25 Jun 2019 19:37 WIB

Viral Foto yang Tunjukkan Perbedaan Fisik Atlet Anak dari Dua Negara

Firdaus Anwar - detikHealth
Menurut deskripsinya foto berikut menunjukkan tim basket U-16 dari Amerika Serikat (AS) dan El Salvador. Netizen berdebat mengapa ada beda tinggi mencolok.Foto: Tangkapan layar Twitter Menurut deskripsinya foto berikut menunjukkan tim basket U-16 dari Amerika Serikat (AS) dan El Salvador. Netizen berdebat mengapa ada beda tinggi mencolok.Foto: Tangkapan layar Twitter
Jakarta - Dalam kompetisi olahraga terdapat perjenjangan umur sehingga asumsinya setiap atlet yang bertanding seimbang dari segi kemampuan fisik dan pengalaman. Namun demikian pada praktiknya kadang ada saja kejadian di luar dugaan.

Seperti dalam foto yang viral di media sosial belakangan ini menunjukkan dua tim basket U-16 dari Amerika Serikat (AS) dan El Salvador di pertandingan FIBA Americas 2019. Dalam pertandingan tersebut tim AS menang telak dengan skor 114-19.

Hal ini jadi perdebatan di antara netizen tentang bagaimana bisa ada perbedaan besar tubuh dan tinggi yang begitu mencolok. Ada yang menyebut faktor genetik hingga pengaruh kurangnya nutrisi makanan akibat kemiskinan.


"Seperti melihat tim anak SMP melawan atlet veteran," komentar seorang pengguna Twitter.

"Gambar ini menangkap sempurna hak istimewa dalam hidup. Bisa mengonsumsi makanan yang mendukung optimal pertumbuhan tubuh adalah hak istimewa yang hanya bisa dinikmati sedikit orang di dunia," komentar pengguna Reddit.

Malnutrisi memang disebut oleh ahli sebagai salah satu penyebab stunting atau tumbuh pendek. Data dari World Bank menyebut prevalensi stunting di El Salvador pada anak di bawah umur lima tahun mencapai 13,6 persen sementara di Amerika Serikat (AS) angkanya hanya sekitar 2,1 persen.

(fds/up)