Selasa, 25 Jun 2019 20:02 WIB

Sempat 'Mati' Selama 20 Menit Usai Kesetrum, Pria Ini Hidup Kembali

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi kesetrum listrik. Foto: Thinkstock Ilustrasi kesetrum listrik. Foto: Thinkstock
Jakarta - Tak sengaja kesetrum listrik, seorang pria asal Michigan sempat 'meninggal dunia' selama 20 menit. Namun setelah mendapatkan resusitasi dengan defibrilator dan berhasil 'hidup' kembali'

"Mereka membawa masuk pria muda sempurna ini yang tak menunjukkan tanda-tanda kehidupan. Aku bilang pada timku kita akan menghidupkanya kembali. Dan aku bicara pada pria ini untuk 'kembali'," tutur Dr Angel Chudler, dokter gawat darurat di Beaumont Hospital, dikutip dari Fox News.

Beberapa kali kejut jantung ia lakukan menggunakan defibrilator. Dan keajaiban terjadi, pria bernama Michael Truitt ini terbangun kembali. Dr Chudler menyebut Michael seperti Hulk, langsung menggenggam pagar kasur dan menggoyang-goyangkannya dengan kuat.


Dikisahkan saat kejadian tersebut Michael sedang bekerja dengan ayah tirinya di rumah. Ia membawa tangga baja yang lalu menyentuh kabel dari tiang listrik. Michael mengaku tak mengingat apapun setelah itu.

Butuh empat menit untuk petugas medis tiba di rumah tersebut dan menolong Michael selama perjalanan ke rumah sakit. Sayangnya saat itu Michael tak menunjukkan satu detak jantung pun.

"Kurang dari lima menit sel-sel otak akan mati karena kekurangan oksigen. Resusitasi yang dilakukan pada Michael sangatlah ajaib. Ia tak kehilangan fungsi otak sama sekali. Ini adalah bukti pentingnya CPR terus-menerus untuk memindahkan darah beroksigen ke otak," terang Barbara Smith, direktur layanan trauma di Beaumont Hospital.

Satu-satunya cedera yang dimiliki Michael dari kejadian tersebut hanyalah luka di jemari kakinya. Dokter menyebut luka tersebut disebabkan jari kakinya menjadi tempat keluarnya tegangan listik yang menyetrumnya.

(frp/ask)
News Feed