Rabu, 26 Jun 2019 18:45 WIB

13 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami, Mudah Kan?

Fithria Pratiwi - detikHealth
13 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami, Mudah Kan?/Foto: iStock 13 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami, Mudah Kan?/Foto: iStock
Jakarta - Kantung mata yang menghitam dapat diatasi dengan beberapa cara. Banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkannya. Apa saja itu?

Kantung di bawah mata bisa muncul karena berbagai faktor seperti stres, kurang tidur, perubahan hormon, dan gaya hidup kurang sehat. Munculnya kantung mata ini dapat membuat wajah terlihat kurang fresh yang terlihat sangat mengganggu.

Ada banyak produk kecantikan yang memiliki fungsi menghilangkan kantung mata. Namun produk tersebut bisa jadi tidak cocok karena kamu memiliki kulit yang sensitif. Untuk mengurangi risiko, kamu dapat mencoba bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan kantung mata dengan cepat, seperti:



1. Es Batu

Es batu banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan termasuk untuk menghilangkan kantung mata. Es batu dipercaya dapat mengontrol peradangan yang disebabkan oleh aktivitas atau tekanan berlebihan. Menggunakan es batu ini sangat ampuh untuk menghilangkan kantung mata hitam. Cara menggunakannya adalah dengan membungkus es batu dengan handuk atau kain bersih. Kemudian gunakan untuk mengompres area mata sekitar 10 menit dengan jeda beberapa kali.

2. Minyak Zaitun

Manfaat minyak zaitun juga banyak digunakan untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit. Selain itu, minyak ini juga mampu membantu untuk menghilangkan kantung mata. Antioksidan yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat pula membantu mencerahkan kulit di area bawah mata yang gelap. Minyak zaitun juga mampu membantu menghidrasi dan melembapkan kulit. Gunakan minyak zaitun ke area kantung mata, dan pijat secara perlahan. Gunakan setiap hari sebelum tidur dan lakukan secara rutin hingga mata yang menghitam mulai memudar.

3. Kantung Teh Dingin

Kantung teh juga dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kantung mata. Jenis teh yang lebih baik digunakan adalah teh hijau atau teh chamomile. Cara melakukannya adalah dengan rendam kantung teh ke dalam gelas yang berisikan air. Simpan sejenak ke dalam lemari es dan setelah itu kompres mata dengan kantung teh tersebut. Kantung mata akan hilang setelah kamu mencobanya beberapa hari.

4. Mentimun

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan kantung mata secara alami adalah dengan menggunakan mentimun. Kamu tinggal meletakkan irisan mentimun pada area mata kurang lebih selama 30 menit. Kandungan berbagai mineral, vitamin A, B, dan C, serta kandungan airnya yang tinggi sangat baik untuk membantu mata lebih sehat dan terlihat lebih segar.

5. Tomat

Selain mentimun, tomat juga memiliki khasiat yang bagus untuk kulit. Menggunakan tomat untuk menghilangkan kantung mata juga dapat memberikan kulit mata terasa lebih kenyal dan halus. Kamu dapat memberikan tomat yang telah dibuat menjadi jus dengan menaruhnya di bawah mata. Tunggu sekitar 10 menit hingga mengering lalu cuci dengan air bersih. Cara ini dapat kamu lakukan setidaknya dua kali dalam sehari.

6. Kentang

Cara menghilangkan kantung mata selanjutnya yaitu menggunakan kentang. Kentang memiliki kandungan asam fosfat dan asam sitrat yang tinggi. Kandungan yang dimilikinya ini mampu mengurangi radang dan menjaga kelenturan kulit termasuk kulit di bawah mata. Gunakan kentang dengan cara kupas dan cuci bersih kentang hingga tidak ada getahnya lagi. Kemudian blender hingga halus dan masukkan kentang yang telah halus tersebut ke dalam kain yang bersih dan lembut. Kompreskan kain tersebut pada kedua mata selama 15 menit. Jangan lupa untuk bilas wajah dengan air bersih dan keringkan.

7. Minyak Almond

Kacang almond mengandung vitamin E sehingga dapat melembapkan dan mengencangkan kulit. Untuk mengaplikasikan pada area mata, cukup aplikasikan minyak almond di area kantung mata dan pijat secara halus. Kamu dapat membiarkannya semalaman dan cuci muka dengan bersih di pagi harinya.

8. Lidah Buaya

Kandungan vitamin E, A, dan C pada lidah buaya dapat memberikan nutrisi dan memperbaiki kondisi kulit. Memberikan lidah buaya secara rutin pada bagian bawah mata dapat membantu menghilangkan kantung mata. Usapkan gel lidah buaya yang sudah kamu ambil pada mata yang menghitam selama 15 menit. Setelah itu bilas dan bersihkan dengan air.

9. Susu

Menggunakan susu yang telah dididinginkan merupakan salah satu cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan kantung mata. Selain menghilangkan kantung mata, menggunakan susu yang dingin juga dapat menyegarkan mata. Cara menggunakan yaitu dengan mencelupkan kapas ke susu dingin, tempelkan ke area kantung mata, diamkan sejenak, kemudian cuci wajah hingga bersih.



10. Putih Telur

Putih telur kerap digunakan untuk membantu mengencangkan kulit. Hal ini juga dianggap efektif untuk menghilangkan kantung mata. Kamu dapat mengoleskan putih telur selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

11. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung vitamin E dan antioksidan yang dapat memperbaiki sel kulit yang rusak penyebab kulit kering. Minyak kelapa juga mengandung asam laktat yang mampu mengencangkan kulit. Kamu dapat memberikan minyak kelapa di area kantung mata di malam hari. Pijat perlahan selama beberapa menit dan biarkan mengering. Kamu dapat membiarkannya hingga esok pagi dan membersihkannya dengan air bersih.

12. Madu

Menggunakan madu untuk menghilangkan kantung mata dapat membantu meregenerasi kulit sehingga dapat membuatnya cerah kembali. Oleskan madu pada kantong mata dan bilas dengan air bersih setelah 12 menit. Gunakan pada malam hari sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

13. Sendok

Selain menggunakan bahan alami di atas, cara menghilangkan kantung mata bisa pula menggunakan sendok. Pada dasarnya, kantung mata dapat diatasi dengan menggunakan suhu dingin yang ditempelkan ke kulit. Sendok yang berbahan dasar aluminium bisa menjadi penghantar suhu yang baik. Cara melakukannya yaitu dengan meletakkan sendok selama 5-10 menit pada lemari pendingin. Setelah itu tempelkan bagian cembung sendok pada mata yang tertutup. Kamu dapat melakukan pijatan-pijatan kecil dan memutar di sekitar kelopak mata bagian bawah.

Itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata yang bisa kamu lakukan. Dengan cara tersebut, kamu juga perlu memperhatikan kelembapan pada kulit agar kantung mata tidak kembali lagi. Selamat mencoba!

Simak Video "Ditarik BPOM, Berikut Daftar Obat Maag yang Berisiko Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)