Rabu, 26 Jun 2019 20:15 WIB

Benarkah Mandi Malam Bisa Memicu Serangan Jantung?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi mandi malam. Foto: iStock Ilustrasi mandi malam. Foto: iStock
Jakarta - 'Jangan mandi malam, nanti kena serangan jantung!' Kalimat ini mungkin sering dilontarkan oleh nenek atau ibu kita. Padahal serangan jantung itu bukan penyakit yang bisa tiba-tiba terjadi. Ada banyak faktor risiko yang melatarbelakangi.

"Jadi kalau serangan jantung itu berhubungan dengan pembuluh darah koroner. Kalau misalnya ada plak di situ, bisa terjadi sumbatan atau gumpalan darah di pembuluh darah koroner. Jadi darah yang biasanya mengalir ke jantung tapi tiba-tiba ada plak, jaringan jantungnya akan mati," sebut spesialis jantung dari RS Harapan Kita, dr Dony Yugo Hermanto, SpJP, kepada detikHealth, Rabu (26/6/2019).


Adanya plak pada jantung bisa jadi karena penumpukan lemak yang mengeras sehingga pembuluh darah menyempit yang menyebabkan aliran darah terganggu sehingga jantung tidak bisa mendapatkan oksigen yang dibutuhkannya.

Selain itu, penyempitan pembuluh darah disebabkan karena kolesterol tinggi, hipertensi, merokok, kegemukan, hingga diabetes, bukan karena mandi di malam hari.

"Jadi bisa dipastikan mandi malam bikin serangan jantung itu mitos ya," pungkasnya.



Simak Video "Menepuk Lengan Kiri Dapat Atasi Jantung, Hoax atau Tidak?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
News Feed