Kamis, 27 Jun 2019 12:25 WIB

Percaya Nggak? Jam Tangan Disebut 8 Kali Lebih Kotor Daripada Toilet

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi jam tangan. Foto: ilustrasi/thinkstock Ilustrasi jam tangan. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Jika ditanya benda apa yang paling kotor di dunia ini, mungkin beberapa orang akan menjawab sampah, benda-benda di toilet, atau benda-benda yang tidak pernah kita sentuh setiap harinya.

Namun sebuah penelitian yang dilakukan tim Watches mengungkapkan bahwa benda yang kerap ada di tangan kita, yakni jam tangan ternyata delapan kali lebih kotor dibandingkan dudukan toilet.

Penelitian baru itu menunjukkan hanya satu dari empat orang Inggris yang membersihkan jam tangan. Tim peneliti menyeka kotoran yang bersarang di jam tangan kemudian mengujinya. Secara mengejutkan, terdapat bakteri aerob, ragi, dan jamur yang menempel di jam tangan.



Daniel Richmond, Managing Director Tic Watches mengatakan bahwa paling mayoritas jam tangan dengan bakteri paling banyak adalah jam tangan jenis sport watch. Dan jam tangan yang terbuat dari plastik lebih banyak bakterinya daripada yang berbahan logam.

"Sayangnya, tidak semua jam tangan tahan air, jadi menghindari kontak dengan air saat kita memakainya bisa menjadi alasan utama penumpukan bakteri," ujarnya dikutip dari The Sun.

Dan jenis jam tangan yang lebih sedikit ditempeli bakteri adalah arloji. Hasil penelitian menunjukkan, arloji hanya 3,3 kali lebih kotor daripada dudukan toilet.

Nah, kamu tipe orang yang suka membersihkan jam tangan tidak? Kalau tidak, bersiaplah menumpuk bakteri pada jam tanganmu.



Simak Video "Jangan Takut Kotor, Main di Luar Itu Penting!"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)