Jumat, 28 Jun 2019 13:15 WIB

11 Cara Menghilangkan Panu di Muka dalam Waktu Singkat

Fithria Pratiwi - detikHealth
11 Cara Menghilangkan Panu di Muka dalam Waktu Singkat/Foto: iStock 11 Cara Menghilangkan Panu di Muka dalam Waktu Singkat/Foto: iStock
Jakarta - Panu yang berada di bagian wajah sangat mengganggu penampilan. Ada beberapa cara untuk menghilangkan panu di muka tersebut. Mau tahu caranya?

Panu adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Panu menyebabkan timbulnya bercak-bercak putih dengan disertai rasa yang gatal. Bercak-bercak putih ini sangat mengganggu jika dia berada pada bagian wajah kardna dapat mengurangi rasa percaya diri. Kamu dapat menggunakan bahan alami di bawah ini untuk membantu menghilangkannya.



1. Kunyit

Kunyit dapat digunakan untuk menghilangkan panu. Kandungan volatile yang dimiliki kunyit dapat bermanfaat sebagai antiinflamasi. Selain itu, kandungan kurkumin di dalamnya juga merupakan antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas penyebab panu.

Cara menggunakannya: Tumbuk halus kunyit dan tempelkan pada bagian terinfeksi jamur. Kemudian diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

2. Lengkuas

Cara menghilangkan panu juga bisa dengan menggunakan lengkuas. Lengkuas mempunyai senyawa kuersetin, amilum, dan flavonoid yang mampu mengatasi bakteri dan jamur.

Cara menggunakannya: Belah lengkuas kemudian sisi belahan tersebut digosokkan pada area panu. Gosok kulit hingga sedikit memerah dan mulai terasa pedih.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang bersifat anti jamur dan antiinflamasi. Kedua kandungan ini sangat efektif untuk membantu mencegah pertumbuhan jamur. Lidah buaya juga baik digunakan untuk penyembuhan infeksi kulit yang rusak.

Cara menggunakannya: Ambil ekstrak gel daun lidah buaya dan oleskan gel tersebut pada kulit yang terinfeksi jamur. Tunggu hingga beberapa menit dan bilas dengan air bersih. Kamu dapat melakukannya 2 kali sehari selama beberapa minggu.

4. Bawang Putih

Menghilangkan panu juga bisa menggunakan bawang putih. Bawang putih mempunyai senyawa anti bakteri yang mampu membunuh jamur dan bakteri di kulit. Menggunakan bawang putih untuk menghilangkan panu juga bisa kamu gunakan pada bayi.

Cara menggunakannya: Potong 1 siung bawang putih menjadi 2 bagian. Gosok beberapa menit menggunakan bagian dalam bawang putih yang dipotong ke area terinfeksi jamur.

5. Jeruk Nipis

Menggunakan jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan panu. Jeruk nipis memiliki senyawa antioksidan yang berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan asam sitrat di dalam jeruk nipis juga dapat menjadi anti bakteri dan anti jamur. Kandungan vitamin C yang tinggi juga merupakan senyawa lain yang dapat membantu membasmi panu.

Cara menggunakannya: Campur jeruk nipis dengan belerang. Hal ini karena belerang dapat membantu membunuh kuman karena mengandung zat keratolitik. Campur hingga berbentuk krim dan oleskan pada panu. Diamkan hinga mengering dan bilas dengan air hangat.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh dapat kamu gunakan untuk menghilangkan panu. Sifat anti jamur yang dimilikinya sangat bermanfaat untuk menghambat penyebaran infeksi.

Cara menggunakannya: Gunakan tetesan tea tree oil pada area panu. Kamu dapat mencampurkan tea tree oil dengan menambahkan minyak zaitun. Biarkan hingga mengering dan bilas dengan air hangat.

7. Yoghurt

Cara menghilangkan panu juga bisa dengan menggunakan yoghurt yang biasa kamu konsumsi. Yoghurt yang bisa digunakan adalah yoghurt polos dan tanpa rasa dan pemanis. Kandungan probiotik yang ada di dalam yoghurt dapat menghambat pertumbuhan jamur.

Cara menggunakannya: Oleskan yoghurt pada kulit yang terinfeksi jamur. Diamkan selama 20-30 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

8. Cuka Apel

Cuka apel dapat kamu gunakan untuk membantu menghilangkan panu. Di dalam cuka apel terdapat kandungan antimikroba yang bisa membantu meredakan infeksi jamur di kulit.

Cara menggunakannya: Oleskan cuka apel pada area yang terinfeksi jamur. Kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai pengganti salep dan lakukan 3 kali sehari.

9. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga dapat menjadi pilihanmu untuk menghilangkan panu. Sifat anti jamur yang dimilikinya mampu membantu untuk membasmi panu yang mengganggu.

Cara menggunakannya: Potong belimbing wuluh dan usapkan bagian yang dipotong pada bagian yang terkena infeksi. Usap selama 5 menit dan biarkan mengering.



10. Minyak Oregano

Minyak oregano berasal dari daun dan bunganya. Kandungan carvacrol yang dimilikinya dapat membasmi dan mengurangi infeksi bakteri, jamur, virus, parasit, dan alergi. Hal ini yang membuat minyak oregano bisa menjadi pilihanmu untuk membasmi panu.

Cara menggunakannya: Oleskan minyak oregano langsung pada kulit yang terkena infeksi. Kemudian diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

11. Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa kamu gunakan untuk menghilangkan panu. Minyak zaitun yang dicampurkan madu dapat menjadi komponen yang pas untuk membasmi bakteri dan jamur.

Cara menggunakannya: Campurkan minyak zaitun dan madu dan oleskan pada area panu. Lakukan hal ini 3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah 11 cara menghilangkan panu yang bisa kamu lakukan. Sebelum munculnya panu yang dapat mengganggu penampilan, kamu dapat mencegahnya dengan tetap menjaga kebersihan kulit.




Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)