Jumat, 28 Jun 2019 19:15 WIB

14 Cara Menghilangkan Karang Gigi, Atasi dengan Mudah!

Fithria Pratiwi - detikHealth
14 Cara Menghilangkan Karang Gigi, Atasi dengan Mudah!/Foto: iStock 14 Cara Menghilangkan Karang Gigi, Atasi dengan Mudah!/Foto: iStock
Jakarta - Karang gigi adalah plak yang telah mengeras pada gigi. Selain datang ke dokter, kamu bisa mencoba menghilangkannya sendiri dengan mudah. Mau tahu caranya?

Munculnya karang gigi dapat disebabkan oleh sisa-sisa dari makanan tertinggal di dalam gigi yang tidak segera dibersihkan. Sisa makanan yang tidak dibersihkan ini akan menumpuk dan berubah menjadi karang. Karang gigi yang tidak segera diatasi akan menyebabkan penyakit-penyakit gigi seperti radang gusi.

Sebelum datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan menghilangkan karang gigi, kamu dapat mencoba menghilangkannya dengan mudah di rumah dan tentunya tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.



1. Rajin Menggosok Gigi

Rajin menggosok gigi dapat membantu untuk mencegah bertambahnya karang gigi. Dari kecil kita sudah diajarkan untuk selalu menyikat gigi setelah makan. Lakukan sikat gigi selama 2 menit agar memastikan gigi telah tersikat dengan bersih dan merata.

2. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang biasanya kamu buang bisa digunakan untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Hal ini disebabkan kandungan asam yang dimilikinya. Kamu dapat menggosokkan kulit jeruk ke karang gigi selama 2-3 menit. Selain itu, kamu juga bisa membuat kulit jeruk menjadi pasta dan mengoleskannya pada karang gigi.

3. Menggunakan Baking Soda

Baking soda dipercaya untuk membantu menghilangkan karang gigi yang sudah parah dan mengeras. Kamu bisa membuat baking soda menjadi pasta gigi dengan mencampurkan sejumput garam. Gunakan pasta ini saat kamu sikat gigi selama 2 menit dan bersihkan dengan air. Selain untuk menghilangkan karang, baking soda juga dapat membantu untuk memutihkan gigi.

4. Rajin Mengonsumsi Stroberi

Buah stroberi mengandung vitamin C yang dipercaya dapat efektif menghilangkan karang gigi. Konsumsilah dengan rajin buah stroberi agar dapat mengurangi karang gigi yang menempel.

5. Menggunakan Pasta Gigi Mengandung Fluoride

Pasta gigi yang mengandung fluoride mampu mencegah karang gigi berkembang. Selain fluoride, pasta gigi yang mengandung pyrophosphates, zinc citrate, triclosan juga mampu membantu menghilangkan karang dan noda kekuningan pada gigi.

6. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur yang banyak dijual saat ini dapat menjadi pilihanmu. Obat kumur tersebut dapat membantu menyegarkan napas dan juga mengurangi plak gigi.

7. Mengunyah Biji Wijen

Mengunyah segenggam biji wijen dapat menjadi cara menghilangkan karang gigi. Caranya dengan masukkan segenggam biji wijen dan gosok gigi menggunakan sikat kering. Biji wijen ini akan bertindak sebagai scrub alami yang dapat mengurangi karang gigi.

8. Menggunakan Flossing Gigi

Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang khusus untuk gigi. Dengan menggunakan benang, maka plak yang ada di sela-sela gigi akan dapat terjangkau dan lebih cepat terangkat.

9. Menggunakan Jus Lemon

Asam pada jus lemon mampu membantu menghancurkan plak dan memutihkan gigi. Cara menggunakannya yaitu dengan mencelupkan sikat gigi ke dalam larutan jus lemon. Kemudian sikat gigi secara perlahan dan biarkan selama 1 menit sebelum membilasnya. Jangan menggunakannya secara berlebihan karena dapat menimbulkan erosi pada gigi.

10. Mengunyah Daun Sirih

Daun sirih dapat kamu gunakan untuk membersihkan karang gigi. Selain membersihkan karang gigi, daun sirih juga bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap. Caranya dengan menumbuk selembar daun sirih dengan menambahkan 1 batang cengkeh, jangan tumbuk terlalu halus supaya masih bisa untuk kamu kunyah.




11. Mengonsumsi Buah Tin

Buah tin atau ara ini dapat merangsang produksi air liur. Kunyahlah buah ara 3-4 buah sekaligus untuk dapat membersihkan gigi dari plak yang membandel.

12. Menggunakan Cengkeh

Cengkeh biasa digunakan untuk obat penyembuh sakit gigi. Selain untuk menyembuhkan sakit gigi, ternyata cengkeh juga mampu menghilangkan karang gigi. Tumbuk cengkeh hingga berbentuk bubuk dan oleskan pada karang gigi.

13. Lidah Buaya

Banyaknya manfaat lidah buaya juga bisa dirasakan untuk mengurangi karang gigi. Kamu dapat mencoba menggosokkan potongan lidah buaya ke gigi hingga batas gusi. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air dingin.

14. Cuka Putih

Cuka putih berperan untuk mencegah terjadinya pembentukan plak. Kamu dapat mencampurkan 2 sendok teh cuka putih dengan 1 sendok teh garam ke dalam setengah cangkir air hangat. Gunakan campuran ini untuk berkumur 1-2 kali sehari.

Kamu dapat mencoba salah satu cara menghilangkan karang gigi di atas ini. Bila cara di atas tidak dapat membantu, tahap terakhir yang bisa kamu lakukan adalah scalling. Scalling merupakan suatu tindakan untuk membersihkan dan menghilangkan plak pada gigi yang dapat kamu lakukan dengan berkonsultasi dengan dokter gigi.



Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)