Sabtu, 29 Jun 2019 15:15 WIB

Barbie Kumalasari Suntik Stem Cell Rp 200 Juta, Dokter Jelaskan Prosedurnya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Barbie Kumalasari (kanan) dan Galih Ginanjar. Foto: Noel/detikFoto Barbie Kumalasari (kanan) dan Galih Ginanjar. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta - Barbie Kumalasari mengaku suntik stem cell dan merogoh kocek seharga Rp 200 juta. Hal ini ia ungkapkan melalui kanal Youtube Melaney Ricardo.

"Kalau gua kan udah yang di stem cell manusia yang Rp 200 juta. Itu Rp 200 juta sekali suntik," tutur Barbie.


Stem cell adalah sel punca adalah sel di tubuh kita yang dapat berubah menjadi berbagai sel seperti sel otot, kulit, darah, dan sebagainya. Bukan cuma pengobatan, terapi menggunakan stem cell pun dikenal salah satunya untuk perawatan kulit. Akan tetap sebelum menjalani terapi stem cell akan dilakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan seseorang dapat menjalani terapi stem cell.

dr Jonathan R. Subekti, SpKK, dari Bamed Skin Care menjelaskan bahwa ada banyak pemeriksaan yang dilakukan sebelum menjalani terapi.

"Berbagai macam infeksi, kelainan darah. Banyak pemeriksaannya," ungkap dr Jo.

Dari segi harganya juga relatif tinggi karena membutuhkan proses yang panjang. Dari pengambilan bahan dengan operasi, proses pembiakkan di lab, hingga tindakan penyuntikan stem cell memakan waktu. Nah biaya secara pastinya berapa ya, Dokter Jo?

"Bisa Rp 100-200 (juta -- red)," jawab dr Jo. Ih wow!



Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/up)