Senin, 01 Jul 2019 08:19 WIB

Mulai Banyak Peminat, Ini Tips Pilih Sepeda Lipat yang Nyaman

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi bersepeda. Foto: Thinkstock Ilustrasi bersepeda. Foto: Thinkstock
Jakarta - Sepeda lipat kini banyak tersedia dari berbagai produsen. Semua menawarkan kelebihan misal harga yang tidak terlalu mahal, fleksibilitas, dan bobot yang ringan.

Terkait hal ini, kolektor Brompton Ramdanus mengatakan kualitas sepeda lipat saat ini nyaris sama. Dengan terbiasa menggowesnya setiap hari, sepeda akan terasa nyaman.

"Dicoba sendiri aja, jadi bisa merasakan sepeda mana yang lebih nyaman. Kalau Brompton, saya merasa lebih mudah melipatnya," kata Ramdanus yang juga menjadi panitia dalam Sunday Race with Will Butler Adams.


Selain mudah dilipat, Ramdanus juga menyarankan memilih sepeda yang ringan. Sepeda yang tidak terlalu berat lebih mudah dibawa kemana saja, dibongkar dari lipatannya, dan digowes.

Menurut Ramdanus,Brompton menyediakan sepeda yang terbuat dari titan. Hasilnya,Ramdanus yang kini berusia 50 tahun lebih mudah membawanya karena terasa enteng.


Senada dengan Ramdanus, ketua komunitas Brompton Owner Group Indonesia (BOGI) Baron Martanegara mengatakan bobot sepeda bisa hanya 6,5 kilogram. Bobot ini tergolong sangat ringan untuk sepeda lipat.

Bobot tersebut lebih ringan sekitar 5 kilogram, dibanding berat asal sepeda Brompton sebesar 11 kilogram. Bobot yang ringan diperoleh dengan mengupgrade sepeda menjadi berbahan titanium atau karbon.

Terkait cara melipat, Baron menyarankan sepeda sebaiknya tak perlu waktu lama untuk dilipat. Untuk Brompton tipe S yang digunakannya, sepeda bisa dilipat dalam 3 tahap. Proses melipat selesai dalam 2 menit, bahkan 5-6 detil bagi yang sudah sangat terlatih.



Simak Video "Manfaat Bersepeda untuk Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/frp)