Senin, 01 Jul 2019 09:29 WIB

Perut Terasa Kembung Pagi Ini? 10 Makanan Ini Bisa Jadi 'Obat'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi perut kembung. Foto: Shutterstock
Jakarta - Perut kembung di pagi hari kadang terjadi dan tidak bisa kita tangani dengan cepat. Kembung terbagi menjadi dua, yakni kembung gas dan kembung air.

Kembung gas terjadi usai mengonsumsi makanan tertentu penyebab gas, seperti kacang, susu, sayuran seperti brokoli dan kembang kol. Kembung air dipicu oleh perubahan hormon selama siklus haid, dehidrasi atau makan terlalu banyak makanan bergaram dan tidak cukup potasium dan air.

"Oleh karena itu, sangat penting untuk dicatat, bahwa selain memakan makanan yang tepat, air sangat penting untuk mengurangi kembung. Terutama jika kamu mengonsumsi makanan kaya serat. Saat kamu memakan serat, kamu perlu minum banyak air untuk mencernanya dan bergerak dengan efisien dalam saluran cerna," kata Torey Armul, RD, seperti dikutip dari Women's Health.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi kembung yang mengganggu pagi ini:


1. Yogurt
Yogurt atau kefir mengandung probiotik atau bakteri baik yang hidup di dalam saluran pencernaan agar menyehatkan proses cerna dan mengurangi terjadinya inflamasi. Probiotik sangat bagus untuk menangani perut kembung, kamu bisa memakan yogurt dengan potongan buah sebagai tambahan nutrisi.

2. Jahe
Jahe merupakan salah satu obat herbal tertua di dunia, karena kandungan anti-inflamasinya sangat manjur untuk mengatasi perut kembung. Jahe juga mengandung enzim pencernaan bernama zingibain yang dapat membantu tubuh memecah protein. Selain itu, jahe juga memberikan efek rileks pada pencernaan kita.

3. Pisang
Potasium merupakan alasan utama mengapa buah ini bisa membantu meredakan kembung. Tubuh kita menyimpan banyak air salah satunya karena kekurangan sodium, dan makanan kaya potasium dapat membantu membuang sisa air tersebut.

4. Lemon
Sari air lemon mirip dengan keasaman dalam cairan cerna perut sehingga dapat membantu meredakan kembung dan masalah pencernaan lainnya. Secara rutinnya meminumnya bahkan membuat tubuhmu terhidrasi cukup sekaligus menambahkan asam pada saluran cerna agar membantu bergerak dengan cepat.

5. Melon
Buah melon mirip seperti semangka, nyaris 90 persen komposisinya adalah air, hampir sama dengan meminum segelas air. Sehingga mengonsumsinya dapat membantu menghidrasi tubuh dan meredakan kembung. Buah melon juga merupakan diuretik alami, dapat membantu tubuhmu mengeluarkan garam dan air berlebih lewat urine.


6. Alpukat
Jika kamu sedang berada dalam diet rendah karbohidrat seperti misalnya diet keto, maka alpukat merupakan buah yang tepat untuk meredakan kembung. Kandungan potasium dan antioksidan hanya mengandung enam karbohidrat, dan dereta nutrisi lainnya.

7. Ketimun
Ketimun mengandung banyak air untuk membantumu tetap terhidrasi dan membantu menyingkirkan sisa air dari sel-sel dan gas dari saluran cerna. Terlebih lagi, ketimun mengandung sulfur dan silikon, yang bekerja sebagai diuretik alamiah yang membantu kita kencing dan membantu gerakan usus lebih baik dalam bergerak.

8. Kiwi
Mungkin buahnya kecil, namun kiwi mengandung enzim cerna lainnya, actinidin, yang membantu mempercepat pencernaan. Makanlah dua kiwi untuk membantu meredakan perut kembung untuk tambahan potasium dan serat, sebanyak 90 kalori saja.

9. Pepaya
Kandungan papain dalam pepaya merupakan enzim lainnya yang membantu memecah makanan dan melawan inflamasi. Papain juga memperlancar proses pencernaan, terutama saat siklus haid. Dalam pepaya juga terkandung serat, vitamin A dan juga fruktosa untuk mencegahmu terkena hipoglikemia.

10. Nanas
Nanas merupakan buah kaya air lainnya, dan juga mengandung enzim cerna bernama bromelain. Bromelain dapat membantu pencernaan dengan memecah protein dalam perut yang bisa menyebabkan kembung. Jadikanlah nanas salah satu bahan smoothie-mu atau jadikan cemilan siang hari.



Simak Video "Video Kuburan Massal Jenazah Terinfeksi Virus Corona di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)