Senin, 01 Jul 2019 14:50 WIB

Ada Wabah Parasit Feses di AS, CDC Peringatkan Pengunjung Kolam Renang

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi lkolam renang umum. Foto: Thinkstock Ilustrasi lkolam renang umum. Foto: Thinkstock
Jakarta - Di Amerika Serikat (AS) saat ini dilaporkan sedang terjadi wabah yang disebabkan oleh infeksi parasit cryptosporidium. Atas hal tersebut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengeluarkan laporan peringatan agar warga berhati-hati mengunjungi kolam renang.

Diketahui parasit cryptosporidium bisa menyebar lewat feses. Seseorang bisa terinfeksi ketika tidak sengaja menelan air kolam renang yang terkontaminasi.



Orang dewasa dapat mengalami gejala penyakit cryptosporidiosis, diare sampai tiga minggu. Efeknya akan lebih parah pada anak-anak, ibu hamil, atau orang dengan gangguan kekebalan tubuh.

Sepanjang tahun 2009-2017 dilaporkan sudah ada 444 kali wabah cryptosporidium menyebabkan 7.465 orang jatuh sakit. Dari jumlah kasus tersebut 156 di antaranya terjadi di kolam renang, jadi penyumbang kejadian wabah terbanyak.

"Untuk mencegah wabah cryptosporidiosis, CDC merekomendasikan tidak berenang atau menghadiri penitipan anak jika sedang sakit diare dan merekomendasikan cuci tangan setelah kontak dengan hewan," tulis CDC seperti dikutip dari situs resminya pada Senin (1/7/2019).



Simak Video "Tak Hanya untuk Pernapasan, Ini Manfaat Lain Berenang"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/wdw)