Senin, 01 Jul 2019 18:40 WIB

Ingat! Orang dengan Gangguan Jiwa Bukan Berarti Tidak Bisa Beraktivitas

Widiya Wiyanti - detikHealth
Perempuan yang membawa anjing masuk ke mesjid disebut punya riwayat gangguan jiwa. (Foto: tangkapan layar video) Perempuan yang membawa anjing masuk ke mesjid disebut punya riwayat gangguan jiwa. (Foto: tangkapan layar video)
Jakarta - Banyak netizen yang berspekulasi soal kasus perempuan pembawa anjing ke dalam masjid Al Munawaroh. Meskipun polisi telah melakukan pemeriksaan kejiwaan dan ternyata perempuan tersebut memiliki riwayat sakit jiwa, tidak jarang netizen tidak memercayainya.

"KEBIASAAN DI BILANG GILA,,, TUMAN,... ORANG GILA BISA BAWA MOBIL, HADUEEEH PARAH," tulis salah satu netizen di artikel detikcom.

"Kalau benar sakit jiwa, mana tanggung jawab keluarganya? Kenapa keluarga yg punya riwayat gangguan jiwa di perbolehkan keluar sendirian," tulis netizen lain.

Menanggapi hal tersebut, dr I Gusti Rai Wiguna, SpKJ salah satu founder dari Rumah Berdaya yang merupakan tempat rehabilitasi psikososial bagi Orang dengan Skizofrenia (ODS) di Denpasar, Bali, menegaskan bahwa tidak semua orang dengan gangguan jiwa tidak bisa melakukan apa-apa.


"Jangan membayangkan orang dengan gangguan jiwa semuanya seperti yang di pinggir jalan, tidak pakai baju, makan apa saja, nggak mandi. Itu termasuk gangguan jiwa berat. Ada juga orang dengan gangguan jiwa tapi bisa beraktivitas seperti biasa," ujarnya kepada detikHealth, Senin (1/7/2019).

Orang dengan gangguan jiwa bisa ditandai dengan adanya delusi atau waham pada suatu hal. Misal, seseorang itu merasa dirinya Tuhan, maka ia akan merasa menjadi orang yang paling benar dan memberi tahu orang lain mengenai hal benar dan salah menurutnya.

dr Rai juga menyarankan masyarakat untuk menilai dengan akal sehat karena polisi pun telah melakukan pemeriksaan pada kesehatan jiwanya.

"Kita jangan berspekulasi, jangan berasumsi akan lolos karena pura-pura sakit jiwa," tandasnya.



Simak Video "Terapi Seni, Solusi Alternatif bagi Pengidap Gangguan Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)
News Feed