Selasa, 02 Jul 2019 14:02 WIB

Kakak Peristri Adik Kandung di Bulukumba, 5 Penyakit Ini Rentan Terjadi

Firdaus Anwar - detikHealth
Anak hasil hubungan pasangan sedarah atau incest beriko terkena penyakit genetik. (Foto: iStock) Anak hasil hubungan pasangan sedarah atau incest beriko terkena penyakit genetik. (Foto: iStock)
Jakarta - Seorang pria dari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, membuat heboh karena menikahi adiknya sendiri. Disebutkan bahwa orang tua keduanya marah besar hingga mengeluarkan pernyataan tidak lagi menganggap mereka sebagai anak.

"Dan itu orang tuanya marah sekali. Dia tidak terima itu kembali. Karena masyarakat di sini sudah tidak terima kembali. Dan orang tuanya bikin pernyataan sudah tidak anggap lagi sebagai anak. Ada dia bikin pernyataan itu," kata Kepala KUA Ujung Loe, Makbul, saat berbincang dengan detikcom, Selasa (2/7/2019).

Terkait hal tersebut pakar genetik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr dr Andi Nanis Sacharina Marzuki, SpA(K), mengatakan anak hasil pernikahan sedarah atau incest berisiko mengalami penyakit kelainan genetik. Penyebabnya karena kondisi autosomal resesif di mana penyakit muncul ketika ada dua salinan genetik yang sama.

Berikut beberapa contoh penyakit yang bisa terjadi pada keturunan pernikahan sedarah:


1. Talasemia
Talasemia atau biasa ditulis thalasemia adalah penyakit kelainan darah merah yang diturunkan dari kedua orang tua (pembawa sifat) kepada anak dan keturunannya. Penyakit ini menyebabkan sel darah merah yang membawa oksigen jadi mudah pecah sehingga membuat pengidapnya pucat karena kekurangan sel darah merah.

Data dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) mencatat ada sekitar 9.131 pasien talasemia di Indonesia pada Oktober 2016. Angka ini terhitung cukup tinggi.

2. Hemofilia
Hemofilia adalah penyakit darah yang muncul karena mutasi genetik menyebabkan seseorang kekurangan faktor pembekuan darah. Seorang penyandang hemofilia sangat rentan terhadap cedera karena tubuhnya kesulitan menghentikan perdarahan.

Luka yang pada orang normal bisa sembuh dengan mudah bisa jadi membahayakan nyawa penyandang hemofilia karena darahnya terus mengalir.

3. Albinisme
Albinisme atau albino adalah penyakit turunan karena kelainan genetik yang membuat tubuh tidak bisa menghasilkan pigmen melanin. Dampaknya seluruh tubuh seorang penyandang albino akan tampak putih dan lebih berisiko terhadap kanker kulit karena kurangnya pigmen melanin yang bisa melindungi kulit.

4. Mikrosefali
Mikrosefali adalah kelainan ukuran kepala yang kecil pada bayi baru lahir akibat otak yang tidak berkembang sempurna. Satu studi yang dipublikasikan di Annals of Translational Medicine 2016 menyusun rumus tingkat mutasi yang berhubungan dengan mikrosefali pada daerah dengan aktivitas incest.

Anak yang lahir dengan mikrosefali ada kemungkinan untuk mengalami kecacatan dan tingkat inteligensinya rendah.

5. Malformasi kongenital
Cacat lahir atau malformasi kongenital adalah kecacatan yang terjadi akibat kelainan perkembangan janin di kandungan. Studi dalam jurnal Reproductive Health tahun 2009 melihat angka cacat lahir tinggi pada populasi warga arab yang menikah dengan saudaranya.

Studi lainnya dalam jurnal Genetic Counseling 2012 menyebut kalau pernikahan di antara saudara sepupu meningkatkan prevalensi cacat lahir antara 1,7 sampai 2,8 persen.



Simak Video "Besarnya Pengaruh Hubungan Inses Terhadap Kelainan Genetik Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)