Selasa, 02 Jul 2019 18:03 WIB

7 makanan yang Dapat Membuat Gejala Menstruasi Makin Buruk

Kintan Nabila - detikHealth
Ilustrasi menstruasi. (Foto: Istock) Ilustrasi menstruasi. (Foto: Istock)
Jakarta - Ketika Anda mengalami gejala menstruasi seperti kelelahan, kembung, kram dan perubahan suasana hati, mungkin hal yang biasa Anda lakukan hanyalah mencari makanan yang menenangkan.

Namun perlu diketahui, beberapa makanan justru dapat membuat gejala menstruasi semakin memburuk. Berikut 7 makanan yang harus Anda hindari seminggu sebelum atau selama menstruasi, dikutip dari Times of India.



1. Kopi
Kurangi asupan kafein Anda dan biasakan minum tidak lebih dari secangkir kopi per hari. Konsumsi kopi berlebihan dapat menyebabkan vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah yang dapat memperburuk kram Anda selama menstruasi. Selain itu kopi juga dapat meningkatkan rasa tidak nyaman dan kembung.

2. Gula
Gula darah Anda akan sering berfluktuasi saat menstruasi. Ketika Anda mengkonsumsi lebih banyak pemanis, kadar gula darah Anda akan naik dan turun secara drastis. Terlalu banyak gula juga menyebabkan tubuh Anda menahan natrium dan air yang menyebabkan kembung dan perubahan suasana hati.

3. Produk olahan susu
Mengkonsumsi banyak produk olahan susu seperti keju dan ice cream dapat memperburuk nyeri menstruasi Anda. Produk olahan susu mengandung asam arakidonat atau asam lemak omega 6 yang dapat meningkatkan peradangan.



4. Makanan berlemak
Makanan berlemak meningkatkan jumlah prostaglandin dalam tubuh Anda dan dapat membuat rahim berkontraksi. Makanan seperti daging tinggi lemak harus dihindari selama periode menstruasi.

5. Makanan Olahan
Makanan olahan yang dikemas, dibekukan, atau dikalengkan mengandung lemak trans yang dikenal sebagai minyak terhidrogenasi. Lemak trans yang ditambahkan dalam makanan olahan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh dan dapat memperburuk kram. Perbanyaklah mengonsumsi makanan seperti buah dan sayur.

6. Makanan Bersodium
Makanan bersodium tinggi dapat membuat kembung selama menstruasi. Hindarilah makanan bersodium seperti keripik dan kentang goreng.

7.Cokelat
Konsumsi cokelat berlebih dapat meningkatkan level prostaglandin yang mengakibatkan rasa nyeri kram pada perut. Jika Anda tetap ingin makan cokelat, konsumsilah cokelat hitam dalam jumlah terbatas.



Simak Video "NGOBS KUY! Ciri-ciri Cewek PMS"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)