Rabu, 03 Jul 2019 08:40 WIB

5 Mitos Soal Kesehatan Mata yang Kamu Perlu Tahu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Menjulingkan mata terus bisa bikin beneran juling, mitos atau fakta ya? Foto: thinkstock Menjulingkan mata terus bisa bikin beneran juling, mitos atau fakta ya? Foto: thinkstock
Jakarta - Mungkin kamu sering mendengar bahwa makan wortel bisa menyehatkan mata, atau menonton televisi terus-terusan bisa merusak mata? Ada banyak saran soal kesehatan mata dari orang tua yang kita dengar.

Akan tetapi, tidak semuanya benar dan sebaiknya tidak dipercaya. Dengan ini kamu bisa menjaga kesehatan matamu dan melindungi penglihatanmu untuk jangka panjang. Berikut adalah 5 mitos soal kesehatan mata seperti dikutip dari Times of India:


1. Mitos: Membaca di tempat remang merusak mata
Faktanya: mata memang bisa mudah lelah ketika membaca di tempat yang tidak terlalu terang, namun hal ini saja tidak akan mempengaruhi penglihatanmu. Yang perlu dicatat, ketika akan membaca di tempat remang, pastikan cahaya lampu menyorot tepat ke buku, bukan di bahu. Karena jika cahaya datang dari belakang punggung akan menutupi karena bayangannya.

2. Mitos: Makan wortel menyehatkan mata
Faktanya: mengonsumsi wortel memang bagus untuk mata karena kandungan vitamin A yang tinggi, akan tetapi sayuran berdaun hijau dan buah segar lebih baik dalam menyehatkan mata. Sebab sayur dan buah adalah sumber vitamin dan nutrisi penting lainnya, yang bisa melindungimu dari masalah mata seperti katarak. Namun tidak bisa mencegah atau memperbaiki masalah terkait penglihatan.

3. Mitos: Jangan pakai kacamata terlalu sering
Faktanya: jika kamu telah diresepkan untuk menggunakan kacamata oleh dokter matamu, maka pakai saja. Membaca tanpa kacamata bisa membuat mata terlalu tegang dan membuat mereka mudah lelah. Memakai kacamata tidak melemahkan penglihatanmu.

4. Mitos: Menatap layar gadget seharian bisa merusak mata
Faktanya: menatap layar gadget maupun televisi memang bisa membuat mata tegang, namun tidak akan merusaknya. Hanya pastikan ruanganmu memiliki pencahayaan yang pas, dan istirahat selama 10 menit tiap 2-3 jam sekali.

5. Mitos: Menjulingkan mata bisa bikin benar-benar juling
Faktanya: yang satu ini benar-benar mitos dan tidak benar. Otot mata kita memudahkan bola mata bergerak ke seluruh arah. Menjulingkan mata tidak akan memaksa mereka akan terus dalam posisi tersebut.





Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/wdw)