Rabu, 03 Jul 2019 09:04 WIB

Cara Ampuh 'Kempeskan' Kantung Mata Bengkak di Pagi Hari

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi kantung mata. Foto: thinkstock Ilustrasi kantung mata. Foto: thinkstock
Jakarta - Kulit di sekitar mata kita merupakan bagian paling tipis dan membutuhkan banyak perhatian. Salah satu masalahnya adalah kantung mata karena kulit tersebut membengkak. Jaringan di sekitar mata, termasuk beberapa otot yang menyokong kelopak mata melemah seiring kita menua, membuat lemak penyokong berpindah ke kelopak bawah, membuatnya terlihat bengkak.

Ada berbagai penyebab munculnya kantung mata, yakni retensi cairan khususnya setelah bangun tidur atau makan makanan asin, alergi, merokok, keturunan, kelelahan, menangis cukup lama dan juga kurang tidur. Kantung mata membengkak bisa sangat mengganggu di pagi hari, coba cara ampuh berikut untuk meredakannya, seperti dikutip dari Times of India:

1. Minum cukup air
Retensi air merupakan penyebab terbesar kantung mata muncul di wajah kita, karena kondisi ini menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh. Tubuh menaruh cairan yang seharusnya dibuang ke beberapa tempat, salah satunya mata. Agar kantung mata 'kempes' di pagi hari, maka minumlah air yang cukup sebelum tidur, dan tentu saja, minum juga seharian agar menjaga tubuh tetap terhidrasi.


2. Jangan makan gorengan
Makan gorengan atau makanan cepat saji saat kamu menonton televisi sebelum tidur bisa jadi penyebab kantung mata membengkak. Hal ini karena tingginya kandungan garam dalam makanan-makanan tersebut. Selain itu, hindari juga meminum alkohol sebelum tidur karena dapat menyebabkan dehidrasi dan menyebabkan kantung mata membengkak.

3. Singkirkan alergen
Terkadang kantung mata membengkak di pagi hari karena reaksi alergi, misalnya alergi debu. Mencegah kantung mata membengkak di pagi hari bisa dilakukan dengan rutin membersihkan rumah dari debu dan pastikan sepraimu juga bersih. Alergi juga bisa menyebabkan iritasi mata, yang tentunya akan sangat mengganggu apabila dibarengi dengan kantung mata yang bengkak.

4. Redakan stres
Stres mengganggu keseimbangan kandungan garam di dalam tubuh, yang kemudian bisa menyebabkan retensi cairan. Retensi cairan kemudian akan menyebabkan kantung mata semakin membengkak di pagi hari. Kamu bisa meredakan stres dengan cara yang sehat seperti olahraga sebelum tidur. Olahraga sebelum tidur yang baik adalah yoga, dengan peregangan yang baik bisa mengantarmu tidur lebih nyenyak dan say no to kantung mata bengkak!

5. 'Sendok dingin'
Membekukan sendok atau cukup menaruhnya di kulkas merupakan cara praktis dan cepat untuk meredakan kantung mata. Taruh beberapa sendok di kulkas atau freezer pada malam hari. Lalu tempelkan sendok tersebut di bagian yang membengkak selama beberapa menit di pagi hari. Sendok dingin akan mengurangi pembengkakan dengan mengerutkan pembuluh darah.



Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/wdw)