Rabu, 03 Jul 2019 12:03 WIB

12 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Harus Kamu Ketahui

Fithria Pratiwi - detikHealth
12 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Harus Kamu Ketahui/Foto: thinkstock 12 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Harus Kamu Ketahui/Foto: thinkstock
Jakarta - Sakit perut sebelah kiri dapat disebabkan oleh banyak hal. Kamu harus mengatahui apa saja penyebab sakit perut sebelah kiri.

Sakit perut merupakan penyakit yang paling umum dirasakan. Di dalam perut terdapat berbagai macam organ tubuh yang memiliki banyak fungsi penting. Oleh karena itu kamu harus lebih peka untuk melihat gejala datangnya penyakit perut, yang salah satunya yaitu sakit perut sebelah kiri. Ada banyak indikasi penyakit serius dimulai dari munculnya rasa sakit perut sebelah kiri. Apa saja itu?

Berikut 11 penyebab sakit perut di sebelah kiri:



1. Luka Lambung

Sakit perut sebelah kiri setelah makan dapat disebabkan oleh gangguan seperti luka pada lambung. Biasanya akan muncul keluhan pada bagian kiri atas dan tengah. Luka lambung biasanya memburuk setelah makan atau ketika posisi berbaring di malam hari.

2. Nyeri Ligamen

Sakit perut sebelah kiri saat hamil dapat disebabkan oleh ligamen yang berkembang akibat berubahnya ukuran rahim. Ligamen tersebut merupakan jaringan yang berfungsi untuk menyokong rahim dari sekitar rahim ke bagian lipat paha. Hal ini membuat ibu hamil akan merasakan nyeri perut di sebelah kiri.

3. Sakit Perut Karena Lapar

Sakit perut sebelah kiri pada anak sering terjadi karena merasa lapar. Ketika perut merasa lapar, akan muncul rasa perih atau keroncongan di bagian kiri perut atau ulu hati. Cara mengatasinya ibu harus memastikan bahwa anak mengonsumsi makanan segera dengan porsi yang wajar dan perlahan.

4. Pankreatitis Akut

Sakit Perut sebelah kiri atas dapat menjadi salah satu gejala pankreatitis akut. Keluhan biasanya terjadi mendadak dan menyebabkan nyeri yang sering menjalar ke punggung.

5. Gastritis

Sakit perut sebelah kiri selanjutnya disebabkan oleh gastritis. Gastritis terjadi ketika terdapat iritasi pada lapisan lambung. Penyakit ini dapat disebabkan oleh mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dan minum terlalu banyak alkohol. Gejalanya terasa di perut sebelah kiri atas yang terasa perih atau terbakar, mual dan muntah, dan perasaan perut atas penuh setelah makan. Gastritis dapat terjadi tiba-tiba atau terjadi secara perlahan dari waktu ke waktu.

6. Angina

Angina adalah istilah untuk nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung. Angina biasanya dirasakan seperti dada diremas atau sesak.



7. Penyakit Ginjal

Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh infeksi di ginjal. Peradangan dimulai dari kandung kemih dan menjalar ke ginjal. Gejala nyeri akut yang akan dirasakan yaitu keinginan buang air kecil terus menerus, sensasi panas saat buang air kecil, hematuria (urin berdarah), serta gejala-gejala lainnya.

8. Hernia

Hernia adalah kondisi jaringan lunak seperti usus, mencuat menembus bagian yang lemah atau robek di bagian bawah dinding perut di lipatan paha (hernia inguinalis) atau menusuk diafragma (hernia hiatal). Tonjolan ini akan membuat rasa sakit perut di sebelah kiri terutama ketika batuk, membungkuk, atau mengangkat benda berat. Hernia tidak terlalu berbahaya, tetapi tidak bisa sembuh sendiri dan dapat menyebabkan komplikasi fatal jika tidak ditangani.

9. Kehamilan Ektopik

Sakit perut sebelah kiri bawah yang mendadak dapat menjadi salah satu penyebab kehamilan ektopik. Kehamilan ektopik terjadi ketika embrio tertanam di luar rahim. Hal ini biasanya terjadi dalam saluran yang menghubungkan rahim dan indung telur alias tuba falopi.

10. Divertikulitis

Divertikulitis adalah peradangan atau infeksi pada divertikula, yaitu kantung-kantung yang terbentuk di sepanjang saluran pencernaan, terutama usus besar (kolon). Penyebabnya belum diketahui secara pasti, tetapi diduga akibat tersumbatnya makanan atau feses yang terjebak di dalam divertikula. Rasa sakit akan dirasakan di sebelah kiri yang biasanya akan terasa saat tubuh bergerak atau setelah makan.

11. Penyakit Crohn

Penyakit crohn adalah penyakit radang usus kronis yang menyebabkan peradangan di seluruh lapisan dinding sistem pencernaan. Kondisi ini sangat menyakitkan, membuat tubuh merasa lemah dan bisa menimbulkan komplikasi yang mengancam nyawa.

12. Peradangan Pankreas

Pankreas berada di bagian sisi kiri atas perut. Peradangan pada pankreas dapat menimbulkan rasa sakit di perut kiri bagian atas yang menjalar ke punggung. Rasa sakit akan semakin terasa jika pengidap berbaring, makan, dan minum. Gejala yang lain yang akan dirasakan yaitu demam, mual, muntah, diare, perut terasa sakit saat disentuh, dan bagian putih mata menguning.

Itulah beberapa penyebab munculnya sakit perut sebelah kiri yang harus kamu ketahui. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter jika nyeri perut sebelah kiri bertambah parah atau disertai dengan gejala-gejala lainnya.

Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)
News Feed