Rabu, 03 Jul 2019 13:27 WIB

Banyak Dilakukan Artis Demi Kecantikan, Apa Itu Suntik Kromosom?

Kintan Nabila - detikHealth
Ilustrasi infus kromosom. Foto: Thinkstock Ilustrasi infus kromosom. Foto: Thinkstock
Jakarta - Sederet artis seperti Vanessa Angel, Barbie Kumalasari dan Galih Ginanjar disebut melakukan terapi infus kromosom untuk kecantikan dan kesehatan. Sebetulnya apasih isi cairan infus kromosom?

Menurut dr Dewi Ema Anindia dari Ambrosia Klinik & Estetika, isi dari cairan infus kromosom pada umumnya adalah stem cell dan vitamin C yang diklaim dapat memutihkan kulit.

"Kromosom ini sebenernya cuma nama aja. Aslinya cairan infus kromosom ini isinya stem cell dan vitamin C," kata dr Ema kepada detikHealth, Rabu (3/7/2019).



dr Ema menambahkan biarpun infus kromosom ini disebut dapat memutihkan kulit, namun sebenarnya belum ada penelitian medis lebih lanjut mengenai infus kromosom.

"Katanya isinya ada juga obat yang mengubah sel melanosit itu yang membuat kulit jadi putih. Soalnya nggak mungkin kromosom manusia diubah-ubah," jelasnya.

Proses infus kromosom ini membutuhkan biaya yang digadang-gadang bisa mencapai 80 juta rupiah sekali terapi. Namun dr Ema mengingatkan bahwa perawatan ini memiliki efek samping yang cukup berbahaya bagi ginjal

Di samping melakukan perawatan medis, alangkah baiknya jika kita juga memelihara kesehatan dan kecantikan kulit dengan perawatan alami, seperti mencukupi hidrasi tubuh.



Simak Video "Cara Jaga Kesehatan Mata saat Gunakan Gadget"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/fds)