Jumat, 05 Jul 2019 09:35 WIB

Mengapa Wajah Kita Mengernyit Saat Merasakan Asam?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Reaksi mengernyit orang-orang yang melakukan challenge #LemonNoExpression. Foto: Istimewa Reaksi mengernyit orang-orang yang melakukan challenge #LemonNoExpression. Foto: Istimewa
Jakarta - Reaksi alami tubuh saat kita merasakan sesuatu yang asam adalah mengernyitkan wajah. Wajar jika para pelaku tantangan #LemonNoExpression yang sedang viral belakangan ini gagal untuk mempertahankan wajah datar saat mengunyah buah lemon.

Apa alasan di baliknya? Para peneliti belum yakin dengan pasti, namun bisa jadi tiga hal berikut terlibat, proton, vitamin C, dan pesta buah-buahan tropis yang dilakukan nenek moyang kita saat masih hidup di pepohonan, dikutip dari Live Science.

Salah satu pelaku tantangan viral #LemonNoExpression di media sosial.Salah satu pelaku tantangan viral #LemonNoExpression di media sosial. Foto: Istimewa


"Wajah mengernyit tersebut adalah sejenis respons penolakan, atau respons persinyalan baik untuk diri kita maupun orang lain. Kebanyakan buah-buahan yang kita makan tidaklah terlalu asam. Orang-orang nggak akan langsung makan lemon atau jeruk nipis," kata Paul Breslin, profesor di Departemen Ilmu Nutrisi di Rutgers University, New Jersey.


Dalam bahasa kimiawi, rasa asam yang kita rasakan berarti 'ada banyak proton yang lepas dalam mulutmu saat ini. Proton sebenarnya tidak benar-benar asam, tubuh kitalah yang berevolusi untuk menginterpretasikannya sebagai rasa asam.

Agar bisa bertahan hidup, manusia memerlukan asam askorbat atau vitamin C. Vitamin C sangat penting untuk menjaga banyak sel-sel dan jaringan berfungsi normal.

Sayangnya manusia merupakan satu-satunya makhluk hidup yang tak bisa memproduksi vitamin C sendiri. Oleh karena itu kita membutuhkan vitamin C dari sumber lain, agar tak berisiko terkena skorbut atau scurvy, penyakit langka yang terjadi saat tubuh kekurangan vitamin C dan membahayakan nyawa.

"Kita kehilangan kemampuan membuat vitamin C sendiri karena kita memakannya terus-menerus. Kita memakan banyak buah sehingga kita tidak kekurangan (vitamin C)," tandas Paul.

Apakah kamu berani mencoba apakah kamu mampu tetap berwajah datar saat makan buah lemon, detikers?



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)