Jumat, 05 Jul 2019 11:56 WIB

Ragam Hoax Kesehatan Terkait Bawang Putih, Sembuhkan Kutil Hingga Kanker

Firdaus Anwar - detikHealth
Bawang putih kerap jadi objek hoaks kesehatan. Foto: iStock Bawang putih kerap jadi objek hoaks kesehatan. Foto: iStock
Jakarta - Bawang putih (Allium sativum) adalah umbi tanaman yang sering dipakai sebagai bahan masakan. Beberapa studi menemukan bawang putih bisa memiliki manfaat kesehatan, namun demikian di media sosial kadang informasi tersebut dilebih-lebihkan sehingga malah jadi hoax.

"Memang ada efeknya untuk hipertensi, high-kolesterol. Tapi tak kita gunakan sebagai obat. Sebagai penunjang aja," komentar Ketua Junior Doctors Network (JDN) Indonesia dr Andi Khomeini Takdir, SpPD, kepada detikHealth terkait manfaat kesehatan bawang putih.

Beberapa informasi yang beredar di media sosial menyebut bawang putih bisa menyembuhkan penyakit mulai dari kutil kelamin hingga kanker.

Berikut beberapa contoh informasi tersebut yang telah dikonfirmasi hoax oleh para ahli:

1. Obat kanker
Netizen sempat heboh ketika beredar video menampilkan benda dengan wujud lembek yang bergerak-gerak ketika didekatkan dengan satu siung bawang putih dan sebuah emas. Disebutkan bahwa benda tersebut adalah potongan sel kanker hidup.

Menanggapinya dr Fielda Djuita SpRad(K)Onk.Rad, dari RS Cipto Mangunkusumo menyebutnya tidak masuk akal. Menurut dr Fielda tiap jenis kanker punya sifat tersendiri sehingga obatnya juga berbeda.

"Tapi saya rasa tidak masuk akal, satu jenis kanker dengan kanker lainnya sudah beda-beda sifatnya. Kalau gitu, taruh saja bawang putih banyak-banyak di badan kita," kata dr Fielda.


2. Obat keputihan
Ada juga informasi di media sosial yang menyebut bawang putih dapat jadi obat keputihan dengan cara dimasukkan ke dalam vagina.

Ginekolog Dr Jen Gunter mengatakan hal tersebut adalah ide yang buruk. Ketika dimasukkan ke dalam vagina, bawang putih berpotensi membawa bakteri saat ditanam di dalam tanah yang buruk untuk tubuh.

Perlu diingat, vagina mempunyai cara alamiah untuk 'membersihkan' sendiri jadi tidak perlu diuapi, cuci atau douche, ataupun detoks.


3. Obat kutil kelamin
Kutil bisa muncul di kelamin akibat infeksi oleh Human Papilloma Virus (HPV). Terkait hal itu banyak informasi beredar menyebut kalau bawang putih bisa membunuh bibit-bibit penyakit kutil karena mengandung senyawa allicin.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Dian Pratiwi, SpKK, FINSDV, FAADV dari Klinik Pramudia mengatakan bahwa hal tersebut belum terbukti secara ilmiah.

Menurutnya, pengobatan tradisional yang salah satunya dengan menggunakan bawang putih tersebut justru bisa memperburuk kondisi kutil kelamin, misalnya dengan mengoleskan bawang putih justru bisa memicu iritasi pada kulit yang diolesi.

"Itu malah bisa mengiritasi kulit area yang ditempel, apalagi area kelamin yang cenderung lebih sensitif, malah mengiritasi atau terbakar ringan kalau ditempel terlalu lama yang artinya malah memperparah kondisi yang ada," jelas dr Dian.

4. Obat sakit gigi
Ada juga informasi yang menyebut kalau bawang putih bisa menyembuhkan sakit gigi dengan cara dengan digeprek lalu ditempel di tangan. Disebutkan bahwa bila gigi yang sakit sebelah kiri maka bawang dipasang sebelah kanan dan sebaliknya bila gigi sakit sebelah kanan maka bawang dipasang di kiri.

dr Andi Khomeini yang akrab disapa dr Koko menegaskan kalau informasi tersebut keliru.

"Ada efek antiinflamasi dari alium sativum, nama latinnya (bawang putih -red). Tapi ya nggak ditempel juga kali, (buat) dimakan. Dan bukan buat sakit gigi. Gigi dibersihkan dan dirawat," kata pria yang akrab disapa dr Koko ini kepada detikHealth.



Simak Video "Serba Serbi Keputihan Pada Wanita"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/frp)