Jumat, 05 Jul 2019 13:48 WIB

13 Makanan Penambah Darah untuk Kesehatan Ibu Hamil

Virgina Maulita Putri - detikHealth
13 Makanan Penambah Darah untuk Kesehatan Ibu Hamil Foto: iStock 13 Makanan Penambah Darah untuk Kesehatan Ibu Hamil Foto: iStock
Jakarta - Selama masa kehamilan, volume darah ibu hamil meningkat hingga 30-50% karena kebutuhan oksigen untuk diedarkan ke seluruh tubuh meningkat. Karena itu, ibu hamil penting untuk mengonsumsi makanan penambah darah.

Ibu hamil harus memproduksi lebih banyak sel darah merah untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan. Jika ibu hamil kekurangan nutrisi seperti zat besi dan asam folat, mereka bisa terkena anemia yang tentunya berisiko untuk kehamilan. Anemia biasanya ditandai dengan gejala seperti lelah, lemah, sulit berkonsentrasi, sesak napas, sakit kepala dan lain-lain.



Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan penambah darah agar mencegah terkena anemia saat masa kehamilan. Berikut adalah 13 makanan penambah darah yang bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi bisa menjadi pilihan sumber zat besi untuk ibu hamil. Tapi untuk ibu hamil sebaiknya memilih bagian daging tanpa lemak untuk dikonsumsi. Selain sebagai sumber zat besi, daging merah juga memiliki kandungan protein yang tinggi.

2. Ayam

Ayam juga merupakan makanan penambah darah yang dapat dikonsumsi ibu hamil. Sama seperti daging merah, ibu hamil juga sebaiknya mengonsumsi bagian yang rendah lemak dan tanpa kulit.

3. Seafood

Makanan laut terutama kerang dan tiram memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Bahkan 100 gram kerang mengandung 28 miligram zat besi yang bisa memenuhi kebutuhan zat besi harian.

4. Bayam

Makanan yang identik dengan Popeye si Pelaut ini ternyata memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Sebut saja serat, protein nabati, kalsium hingga vitamin A dan E yang semuanya dapat membantu proses pembentukan sel darah merah atau hemoglobin (Hb).

5. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran hijau lainnya yang bermanfaat untuk menambah darah bagi ibu hamil. Karena, brokoli selain mengandung azam folat dan zat besi, juga mengandung vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan selain menjadi makanan penambah darah juga mengandung protein nabati yang tinggi. Beberapa jenis kacang-kacangan yang bisa menjadi makanan penambah darah untuk ibu hamil antara lain kacang polong, lentil, kacang merah, kacang hijau, dan buncis.

13 Makanan Penambah Darah untuk Kesehatan Ibu Hamil13 Makanan Penambah Darah untuk Kesehatan Ibu Hamil Foto: iStock



7. Jambu Biji

Buah yang satu ini terbukti memiliki kandungan zat besi yang tinggi karena menjadi obat yang ampuh untuk penderita demam berdarah dengue. Tapi, lebih disarankan untuk mengonsumsi jambu biji berwarna merah karena kandungan vitamin C yang lebih tinggi.

8. Kismis

Kismis dan buah kering lainnya seperti kurma juga merupakan makanan penambah darah untuk ibu hamil. Kismis bisa dikonsumsi langsung atau dicampurkan dalam sereal.



9. Kentang

Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Tapi lebih disarankan untuk mengolah kentang dengan cara direbus atau dikukus agar lebih sehat.

10. Semangka

Satu potong buah semangka ukuran sedang ternyata memiliki kandungan zat besi 1,5 gram. Selain itu, semangka juga kaya akan vitamin C yang berguna untuk menyerap zat besi. Jadi dalam sekali makan ibu hamil akan mendapatkan dua manfaat sekaligus.

11. Anggur

Anggur merupakan salah satu buah yang kaya akan asam folat dan vitamin A. Dua zat gizi ini berguna untuk membentukan sel darah merah.

12. Stroberi

Stroberi mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat membantu tubuh dalam pembentukan sel darah merah. Selain itu, antioksidan juga berguna untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas lho.

13. Jeruk

Jeruk merupakan salah satu buah yang merupakan makanan penambah darah karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C yang tinggi yang bisa membantu penyerapan zat besi dalam tubuh.

Simak Video "Cara Makan Gorengan Tanpa Bikin Kolesterol Tinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
News Feed