Jumat, 05 Jul 2019 17:40 WIB

15 Cara Mengobati Gusi Bengkak Agar Cepat Kempes

Fithria Pratiwi - detikHealth
Gusi bengkak yang bisa diobati dengan cara alami. Foto: Thinkstock Gusi bengkak yang bisa diobati dengan cara alami. Foto: Thinkstock
Jakarta - Gusi bengkak merupakan gangguan mulut yang cukup sering dialami sebagian orang. Jika hal tersebut terjadi, ada beberapa cara alami untuk mengobatinya. Mau tahu?

Gusi yang bengkak biasanya ditandai dengan adanya bagian yang mengalami pembesaran, menonjol, dan menggelembung. Gusi bengkak biasanya dapat ditangani dengan memberikan perhatian pada kebersihan mulut. Kamu bisa mencoba cara alami di bawah ini untuk membantu mengobati gusi bengkak agar cepat kempes.


1. Berkumur Dengan Air Garam

Garam adalah obat gusi bengkak yang ampuh. Kamu cukup menyiapkan segelas air hangat dan mencampurkan satu sendok garam. Aduk hingga rata dan gunakan untuk berkumur. Gunakan 3 kali dalam sehari agar gusi bengkak dapat sembuh dengan cepat.

2. Kompres Dengan Es atau Air Hangat

Mengkompres gusi dengan es batu dapat digunakan ketika gusi bengkak tidak disertai nyeri atau berdenyut. Sementara gusi yang disertai nyeri dan berdenyut bisa menggunakan air hangat.

3. Berkumur Menggunakan Lemon

Gusi bengkak dapat disebabkan oleh gigi yang berlubang. Dengan menggunakan lemon dapat membasmi bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, kandungan asam pada lemon berfungsi untuk mengatur kadar keseimbangan pH dalam mulut. Kamu dapat berkumur menggunakan perasan air hangat yang telah dicampur perasan lemon dan gunakan 3 kali sehari.

4. Berkumur Menggunakan Daun Jambu Biji

Cara agar gusi bengkak cepat kempes dapat menggunakan daun jambu biji. Daun jambu biji mengandung anti bakteri yang dapat menjaga kesehatan mulut. Kamu dapat merebus daun jambu biji dan gunakan air tersebut untuk berkumur.

5. Mengoleskan Belimbing Wuluh Pada Gusi

Belimbing wuluh juga bisa digunakan untuk membasmi bakteri yang ada di dalam mulut. Gunakan belimbing wuluh yang belum matang dan tumbuk hingga halus. Kemudian oleskan pada bagian gusi yang bengkak.

6. Menempelkan Bawang Merah

Kuman penyebab gusi bengkak dapat diatasi dengan bawang merah. Bawang merah mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman. Caranya dengan menumbuk halus 1 siung bawang merah dengan satu sendok teh garam, kemudian tempelkan pada gusi yang bengkak.

7. Menempelkan Bawang Putih

Bawang putih memiliki manfaat sebagai antiseptik alami untuk membantu mengobati gusi bengkak. Cara menggunakannya yaitu dengan menyiapkan 1 siung bawang putih dan 1 sendok teh garam. Tumbuk kedua bahan tersebut, kemudian tempelkan pada gusi yang sakit.

8. Menggunakan Minyak Cengkeh

Kandungan yang dimiliki minyak cengkeh dapat mengurangi peradangan. Kamu dapat mengoleskan minyak cengkeh langsung pada gusi bengkak. Selain itu, kamu juga bisa berkumur dengan air yang telah diteteskan minyak cengkeh.



9. Mengoleskan Madu Alami

Madu mengandung zat yang dapat meredakan pembengkakan. Cukup oleskan madu pada bagian gusi yang sakit dan lakukan 3 kali hingga bengkak mulai kempes. Pastikan kamu menggunakan madu yang alami.

10. Mengoleskan Merica

Merica mengandung anti bakteri dan anti inflamasi yang dapat mengobati gusi bengkak. Campur merica dengan garam dan tuang sedikit air hingga berbentuk pasta. Kemudian oleskan pada gigi yang sakit penyebab gusi bengkak.

11. Menggunakan Asam Jawa

Cara mengobati gusi bengkak selanjutnya yaitu menggunakan asam jawa karena kandungan antiseptik yang dimilikinya. Caranya adalah dengan menyangrai biji asam jawa, kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.

12. Berkumur Dengan Air Serai

Mengobati gusi bengkak bisa menggunakan serai. Caranya dengan merebus 2 tangkai serai dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

13. Berkumur Dengan Air Jahe

Kandungan anti bakteri yang dimiliki jahe dapat membantu membasmi bakteri dalam mulut. Caranya dengan menggunakan air perasan jahe untuk berkumur.

14. Berkumur Dengan Air Kelapa

Air kelapa mengandung antiseptik alami yang dapat digunakan untuk mengobati gusi bengkak. Kamu bisa menggunakan air kelapa untuk berkumur sesudah melakukan gosok gigi.

15. Meneteskan Getah Jarak

Getah jarak juga memiliki kandungan antiseptik yang bisa mengobati gusi bengkak. Selain itu getah jarak juga memiliki antibiotik yang tinggi. Gunakan tetesan getah jarak langsung pada gigi yang sakit.

Itulah 15 cara yang bisa kamu gunakan untuk mengobati gusi bengkak. Jika gusi bengkak masih tidak mengalami perubahan, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan tindakan yang tepat. Bahaya gusi yang dibiarkan lama membengkak akan meningkatkan risiko terkena kanker kepala dan leher. Selamat mencoba!





Simak Video "Bungee Workout, Olahraga Paduan Tari dan Akrobat"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)