Minggu, 07 Jul 2019 18:30 WIB

Suka Raisa dan Bercanda, Sutopo Menyebar Senyum Selama Melawan Kanker

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Farih Maulana/detikcom Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho. Foto: Farih Maulana/detikcom
Jakarta - Kanker paru-paru stadium IV memang tak henti menggereogoti tubuh Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Namun Sutopo yang berpulang pada Minggu (7/7/2019) menunjukkan, kanker tak harus dilawan dengan cemberut dan pelit senyum.

Dalam perjuangannya, Sutopo masih sempat menyebar senyum dan tawa melalui unggahan di media sosial. Sutopo juga tak lupa memberi semangat bagi sesama pasien kanker dan masyarakat umum lainnya. Berikut secuil kisah Sutopo yang melawan kanker dengan penuh senyum.
1. Penggemar Raisa

Selama melawan kanker, Sutopo tak ragu menunjukkan dirinya adalah pengemar atau fans Raissa. Dalam unggahannya, Sutopo selalu memberi tag atau mengutip lirik lagu istri Hamish Daud tersebut. Sutopo juga sempat mendoakan Raisa menjadi ibu yang baik bagi buah hati dan keluarganya.

"Selamat atas kelahiran anaknya. Semoga menjadi anak yang sehat, selamat, sholehah, berbakti pada orangtua dan senantiasa membanggakan orangtua. Bagi Raisa dan Hamis tetaplah bersyukur kepada Tuhan YMK. Anak adalah anugerah sekaligus amanah yang diberikan Allah SWT kepada Raisa dan Hamis," tulis Sutopo.


2. Sering bercanda

Sebagai seorang ahli rupa bumi, Sutopo kadang menggunakan istilah saintifik untuk mengumpamakan perkembangan penyakitnya. Salah satunya istilah erupsi yang menandakan kondisi gunung berapi menyemburkan material dari dalam bumi.

"Hasil PET Scan mengabarkan kanker makin menyebar laksana erupsi hujan abu Gunung Agung. Mohon doanya selalu. Tetap semangat," ujar Sutopo pada Jumat (31/5/2019) lewat akun Twitternya.


3. Suka kucing

Kucing selalu menjadi bagian dari aktivitas sehari-hari Sutopo. Dalam beberapa unggahannya, Sutopo memajang foto atau video bersama kucing kesayangannya Mozza. Menurutnya, Mozza selalu menyambut di pintung tiap kali Sutopo pulang atau pergi kerja.

"Kucing yang manja. Mintanya digendong dan diusap-usap. Kucing pun tahu kalau saya lagi sakit makin mendekat dan ngikut saya terus. Ngeeeng...ngeeeng... gitu bunyinya minta digendong." tulis Sutopo.


4. Selalu memberi semangat dan berpikir positif

Kanker tak mematikan semangat dan harapan Sutopo dalam mengejar kesembuhan. Dalam beberapa kesempatan, Sutopo sempat memberi semangat kepada sesama penyintas kanker. Bagi Sutopo, semangat dan terus berpikir positif adalah bagian dari perjuangan.

"Mau bagaimana lagi, saya jalani saja pengobatan kanker stadium IV B ini. Dengan penyakit ini saya justru mendapat pelajaran untuk selalu berusaha sebaik-baiknya, karena makna hidup bukan ditentukan lamanya tapi seberapa besar manfaat untuk orang lain," ujar Sutopo.



Video: Ucapan Duka Cita Ria Ricis dan Al Ghazali untuk Sutopo Purwo Nugroho

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Mengenang Sutopo: Kanker, Kucing, dan Raisa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)