Senin, 08 Jul 2019 09:56 WIB

Yakin Punya Sifat Introvert? Berikut Fakta Mengenai Kepribadiannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemalu, salah satu ciri kepribadian introvert. (Foto: Thinkstock) Pemalu, salah satu ciri kepribadian introvert. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pendiam, lebih memilih sendiri, jarang keluar rumah, menjadi 'tanda' seseorang punya sifat yang introvert. Memang beberapa psikolog mengatakan seseorang yang memiliki kepribadian ini cenderung berkembang melalui refleksi diri dan merasa mudah lelah ketika berinteraksi dengan orang lain.

Kepribadian introvert juga lebih cenderung lebih fokus kepada pikiran, perasaan, dan mood yang berasal dari dalam diri makanya beberapa dari mereka suka berbicara dengan diri sendiri.

Selain itu, apa saja sih karakteristik lain seorang introvert? Berikut ini terdapat beberapa fakta menarik soal tipe kepribadian introvert yang sudah dirangkum oleh detikHealth dari berbagai sumber.



1. Terdapat empat tipe Introvert; Sosial, Pemikir, Pencemas, Pengendali

- Tipe sosial merupakan tipe yang secara umum dipahami sebagai definisi dari introvert. Tipe sosial lebih suka menyendiri atau bersama kelompok kecil dibanding bersama dengan sekumpulan orang. Mereka lebih suka untuk tinggal dirumah membaca buku, bermain laptop, atau jalan-jalan bersama sahabat daripada pergi ke pesta.

- Tipe pemikir sangat senang menganalisa dan berimajinasi, serta memikirkan hal-hal yang sepele. Orang-orang dengan tipe ini senang menghayal dan tiba-tiba tenggelam dalam imajinasi mereka sendiri.

- Tipe pencemas sering merasa canggung dan malu ketika berada di dekat orang banyak. Apapun yang akan mereka lakukan, mereka selalu merasa cemas dan jengah ketika berinteraksi dengan orang lain.

- Tipe pengendali selalu mengambil keputusan dengan hati-hati sebelum mereka berbicara atau memutuskan sesuatu. Mereka suka untuk memikirkan setiap tindakan yang akan dilakukan seribu kali lebih lama sebelum memutuskan untuk benar-benar melakukannya.

2. Cepat tanggap namun sering merasa ragu
Tipe kepribadian introvert menjadi sangat bersemangat ketika menyangkut hal yang terkait dengan membicarakan masa depan. Namun sangat berhati-hati terhadap keputusan yang akan mereka ambil setelahnya karena merasa perlu untuk memikirkan persiapan-persiapan yang sangat matang.

3. Anti basa-basi
Introvert sering dianggap sombong mereka tidak suka mengobrolkan hal-hal yang tidak jelas. Padahal, mereka hanya tidak suka berbasa-basi karena hal tersebut seperti menciptakan jarak antara satu sama lain. Introverts lebih suka membicarakan hal-hal yang lebih mendalam dan serius.



4. Selalu memperhitungkan risiko
Terdapat perbedaan aktivitas hormon dopamin antara kepribadian introvert dan ekstrovert. Dopamin adalah neurotransmitter yang terkait dengan pencarian sensasi dan petualangan baru. Hormon dopamin orang introvert cenderung kurang aktif, oleh karena itu kepribadian ini selalu berhati-hati dan memperhitungkan segala risiko dan kemungkinan sebelum mengambil keputusan.

5. Fokus tinggi
Kepribadian introvert lebih mengandalkan acetylcholine, yaitu jenis hormon yang terkait dengan tingkat fokus yang tinggi. Hal ini memungkinkan para introvert bisa tetap memiliki konsentrasi yang kuat dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, hormon ini juga mempengaruhi mereka untuk tetap merasa tenang di tempat yang ramai.

6. Suka hujan
Hujan menciptakan suara yang damai sehingga introvert mampu menemukan efek menenangkan yang memungkinkan mereka melarikan diri dalam pikiran mereka sendiri untuk sejenak. Mereka lebih suka cuaca saat hujan karena hal itu membuat mereka bisa terbebas dari perkumpulan sosial dan basa-basi yang tidak perlu.



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/wdw)